Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Fitur LAKSA Aplikasi Tangerang LIVE, Warga Bisa Ngadu Segala Macam

Senin, 22 Agustus 2022 18:45 WIB
Data aduan warga yang masuk di Tangerang LIVE Room (Foto: Pemkot Tangerang)
Data aduan warga yang masuk di Tangerang LIVE Room (Foto: Pemkot Tangerang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak 2016, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang meluncurkan Tangerang LIVE, satu aplikasi terintegrasi guna memberikan berbagai pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Tangerang. Masyarakat Kota Tangerang kini dapat dengan mudah mengakses layanan publik tanpa jarak dan waktu semudah dalam genggaman tangan. Beragam layanan tersedia dalam aplikasi Tangerang LIVE di antaranya Layanan Darurat, Kependudukan, Ketenagakerjaan, Perizinan, Pengaduan, dan beragam layanan publik lainnya.

Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan warga Kota Tangerang adalah Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA) pada layanan pengaduan Tangerang LIVE. Mengadopsi nama makanan khas dari Kota Tangerang, LAKSA merupakan wadah aduan dan aspirasi dari masyarakat terkait lingkungan seperti penemuan ular atau sarang tawon, bisa juga terkait infrastruktur seperti lampu penerangan jalan umum (PJU) yang padam dan jalan yang berlubang, hingga pelayanan publik lainnya, seperti penemuan orang terlantar yang butuh bantuan.

Baca juga : Rahasia, Sachrudin Ngaku Sudah Punya Gandengan

Laporan tersebut akan ditindaklanjuti secara cepat oleh petugas jaga di Tangerang LIVE Room dan diteruskan ke call center setiap bidang terkait. Pimpinan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah hingga Wali Kota Tangerang dapat memantau setiap laporan yang masuk dalam LAKSA, sehingga pengaduan masyarakat dapat segera ditindak lanjuti.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan, dengan digunakannya fitur LAKSA, semakin mempermudah komunikasi dengan masyarakat. "Masyarakat bisa langsung kasih laporan ke Pemkot kalau menemukan sesuatu yang dirasa kurang memuaskan. Seperti jalan rusak, lampu penerangan yang mati, saluran air rusak, macam-macam laporannya setiap hari," ungkap Arief, seperti keterangan yang diterima redaksi, Senin (22/8).

Baca juga : Saran Legislator PKS: Aplikasi Mypertamina Harus Disosialisasikan Lebih Masif

Nadiatul, warga Kota Tangerang yang biasa menggunakan aplikasi Tangerang LIVE untuk pengaduan di LAKSA mengaku sangat terbantu. “Saya biasa menggunakannya untuk laporan di LAKSA serta aplikasi pelatihan ketenagakerjaan,” jelas Nadiatul.

Begitu juga yang telah dirasakan Miqdad, warga Kota Tangerang yang telah mencoba pengaduan di LAKSA. “Alhamdulillah, pengaduan di Laksa cepat ditangani,” ucap Miqdad.

Baca juga : KSP Pastikan KEK Tanjung Kelayang Serap Tenaga Kerja Lokal Secara Maksimal

Sebagai bentuk transparansi, jumlah laporan pengaduan dan hasil tindak lanjut aduan masyarakat disampaikan melalui Instagram tindaklanjut_tng. Untuk warga Kota Tangerang, segera dapatkan aplikasi Tangerang LIVE dengan mengunduh di Playstore ataupun Appstore dan tuangkan aduanmu di fitur LAKSA, Tangerang LIVE.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.