Dark/Light Mode

Tangsel Dikepung Air, Motor-motor Ojol Bergelimpangan Terendam Banjir

Sabtu, 10 September 2022 21:16 WIB
Tangkapan layar akun instagram @tangsel.info
Tangkapan layar akun instagram @tangsel.info

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah wilayah di Kota Tangerang Selatan terendam banjir, Sabtu (10/9) petang. Seperti di Jalan Pahlawan Seribu, Serpong; Marga Jaya, Serpong Utara dekat Mall Living World, Alam Sutera; Tandon Lengkong, Serpong; Giri Loka, Kampung Ciater 1, Lengkong Wetan; ITC BSD; dan kompleks Villa Melati Mas. 

Rekaman video banjir ini pun diunggah sejumlah akun media sosial Instagram. Dalam rekaman tampak ada sejumlah warga berupaya mendorong dan menahan sepeda motor dari arus banjir yang cukup deras. Bahkan sejumlah motor yang diduga milik pengemudi ojol tampak bergelimpangan dan terendam.

“Ancur, bencana alam ini bro,” kata perekam yang memperlihatkan sejumlah motor bergelimpangan dan terendam banjir dalam video yang diunggahnya pada Sabtu (10/9) pukul 18.00 WIB.

Baca juga : Ditinggal Di Ayunan, Bayi 1 Bulan Meninggal Terendam Banjir Di Kota Sorong

“Nih motor-motor driver ojek online pada kerendam, ya Allah kasian bener ya. Pokoknya semangat ya buat driver-driver ojol ya. Noh banyak banget yang kerendam sampai ujung,” sambungnya. 

Video ini pun menuai beragam komentar warganet. “Efek banyaknya pembangunan,” kata @lukiguritno. “Lahan hijau resapan udah ganti beton,” tulis @deltaheropapa. “Harusnya lebih bnyak tandon yang dibangun. Jangan semua rumah terus yang dibangun,” saran @basririan4.

“Tumben BSD banjir kayak gini, kayaknya harus diperbaiki,” cetus @yosi.venus. “Pemda kebanyakan acc izin bangun perumahan elit tapi ngeluarin anggaran buat bikin drainase sulit,” ungkap @arianaibaho. “Berlomba-lomba membangun kota, tapi lupa membangun drainase,” kata @prahara1545.

Baca juga : Koruptor Triliunan Sepi Bully-an

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel M Faridzal Guma
(BPBD) menyebut, ada enam titik banjir yang diterima pihaknya hingga pukul 18.30 WIB. Yakni, di Komplek Maharta Pamulang, Jalan Dr Setiabudi Pondok kacang Timur, Villa Mutiara Pondok Kacang Timur, RT 004 RW 009 Kampung Lengkong Wetan, Graha Mas Serpong, dan Kelurahan Pakualam Serpong.

"Ini baru sebagian laporan yang masuk," katanya, Sabtu (10/9). Gumay bilang, pihaknya fokus pada ketinggian banjir di atas 20 cm. Menurut dia, banjir terjadi karena intensitas hujan yang turun cukup deras dan lama. Selain itu, hujan juga turun secara merata di seluruh wilayah Tangsel pada Sabtu (10/9) sore. 

“Jakarta Selatan, Depok dan Bogor juga (hujan deras). Sehingga aliran sungai atau kali tidak dapat menampung volume air yang begitu banyak," jelasnya sambil mengatakan keenam titik banjir tersebut tengah ditangani personel gabungan dari BPBD dan Satpol PP Tangsel. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.