Dark/Light Mode

Banyak Warga DKI Kesulitan Daftar

Program Jakpreneur Masih Kurang Greget

Kamis, 15 September 2022 07:30 WIB
Gerai UMKM binaan Jakpreneur. (Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta).
Gerai UMKM binaan Jakpreneur. (Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta).

RM.id  Rakyat Merdeka - Program penumbuhan wirausaha baru Jakpreneur Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kurang greget. Banyak warga Ibu Kota kesulitan mengakses kegiatan tersebut.

Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Ismail mengatakan, banyak masyarakat kesulitan mengakses Jakpreneur. Mereka belum paham cara mendaftar untuk bisa mendapat pelatihan, pendampingan, pemasaran hingga mengakses permodalan. Hal ini terjadi karena Pemprov DKI kurang maksimal melakukan sosialisasi.

“Saya banyak dapat informasi dari lapangan di semua wilayah kota masih kurang greget. Padahal, anggaran sudah kita maksimalkan di pembahasan anggaran tahun lalu,” kata Ismail di Gedung DPRD DKI, Selasa (13/9).

Baca juga : Arara Abadi Kembali Gelar Program DMPA Di Kampar

Selain masalah sosialisasi, Ismail mengungkapkan, sejumlah warga mengaku tidak puas dengan layanan pendaftaran offline di kecamatan. Mereka mengaku kurang terlayani dengan baik. Padahal, anggaran yang digelontorkan untuk kegiatan penumbuhan wirausaha industri baru di enam wilayah kota dan kabupaten cukup besar, Rp 47 miliar.

“Harusnya dengan anggaran sebesar itu bisa jadi modal bagi pelaksana melakukan jemput bola. Harus proaktif,” ungkapnya.

Keluhan serupa disampaikan banyak warganet di akun Instagram @jakpreneur. “Cara gabung Jakpreneurnya gimana kak,” tanya @qoniz15. “Cara daftar Jakpreneur gimana ya?” kata @titikdijeh. “Cara gabung di Jakpreneur gimana yah biar dapat bimbingan,” tulis @firmantaufik823.

Baca juga : Bantu Masyarakat Bawah, KONI DKI Gelar Bazar Murah

Ada juga yang mengaku link pendaftaran yang disediakan tidak bisa dibuka. “Link pendaftarannya nggak bisa diklik,” kata @yuni_mama_filfaifakh. “Min... Link pendaftaran nggak bisa dibuka,” ucap @pastaya.id.

Selain itu, sejumlah warganet juga menuturkan jika pembimbing Jakpreneur kurang responsif. “Halo kak, mau tanya. Kami daftar Jakpreneur dan sudah menghubungi pendamping tetapi belum di-follow up lagi. Solusinya bagaimana ya? Terima kasih,” tanya @char.cy.

“Aku sudah daftar dan sudah ada kontak pendampingnya, tapi pendampingnya tidak merespons min. Mohon pencerahannya,” ujar @revienhans. “Hallo min... Saya sudah coba daftar Jakpreneur tapi pembimbingnya nggak ada satupun yang mau membimbing,” tulis @ikubaru.eyewear.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.