Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Formappi Jagokan Bahtiar Jadi Pj Gubernur DKI, Ini Alasannya

Kamis, 15 September 2022 16:06 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus lebih condong pada Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar sebagai penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

Sebagaimana diketahui, jabatan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta akan selesai pada 16 Oktober 2022. Lucius menilai, pengalaman Bahtiar pernah menjabat sebagai penjabat sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau menjadi nilai plus.

"Pengalaman menjadi Pj, ada satu nama yang punya pengalaman itu, Pak Bahtiar, kalau itu bisa jadi nilai plus. Ini bukan promosi dia, tetapi mencari yang berbeda," ujar Lucius dalam diskusi di kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (15/9).

Baca juga : Ketua DPRD DKI Resmi Serahkan Tiga Nama Calon Pj Gubernur Ke Kemendagri

Lucius menambahkan, tugas Pj akan banyak berbicara soal kreasi program, rencana baru, atau melanjutkan program gubernur sebelumnya.

Alasan kedua, Bahtiar tidak mempunyai pengalaman berkarir di lingkup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Berbeda dengan dua calon Pj lainnya.

Yakni, Sekretaris Daerah DKI Marullah Matali atau Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono yang pernah menjabat Wali Kota Jakarta Utara dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI.

Baca juga : DPRD DKI Usulkan Heru Budi, Marullah Matali Dan Bahtiar Sebagai Calon Pj Gubernur Jakarta

"Mungkin akan lebih baik orang berpengalaman di birokrasi, tetapi tidak punya kedekatan emosional dengan orang-orang yang (pernah) koordinasi dengan dia," bebernya.

"Emosi yang tidak seperti calon lain, bisa membuat dia (Bahtiar) lebih leluasa untuk memastikan koordinasi kerja administrasi dengan baik," sambung Lucius.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta telah menetapkan tiga nama calon Pj gubernur pengganti Anies.

Baca juga : Hari Ini DPRD Sampaikan Usulan Pj Gubernur DKI

Penetapan itu dilakukan dalam rapat pimpinan gabungan (rapimgab) yang digelar pada Selasa (13/9). Ketiga nama yang terpilih antara lain Heru Budi Hartono (9 suara), Marullah Matali (9 suara), dan Bahtiar (6 suara). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.