Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Trisakti Kukuhkan Prof Astri Rinanti Jadi Guru Besar Rekayasa Lingkungan

Kamis, 8 September 2022 22:00 WIB
Pengukuhan Prof Astri Rinanti sebagai Guru Besar Rekayasa Lingkungan Universitas Trisakti. (Foto: Dok. Usakti)
Pengukuhan Prof Astri Rinanti sebagai Guru Besar Rekayasa Lingkungan Universitas Trisakti. (Foto: Dok. Usakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Trisakti mengukuhkan Prof Astri Rinanti sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Rekayasa Lingkungan pada Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan (FALTL). Pengukuhan dilakukan di Gedung D, Kampus Trisakti, Jakarta, Kamis (8/9).

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul "Peran Bioteknologi dalam Rekayasa Lingkungan untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan", Astri menjelaskan hasil penelitiannya terkait SDG's pertumbuhan penduduk dan aktivitas industri menghasilkan limbah padat, cair, dan gas, sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Untuk itu, perlu teknologi terbaru agar dapat mengurangi kerusakan lingkungan.

Baca juga : Listrik Batu Bara Bakal Segera Distop

"Jika pencemaran tidak bisa dikurangi dari sumbernya, maka dibutuhkan rekayasa keteknikan untuk mengolah bahan pencemar tersebut hingga memenuhi syarat atau baku mutu sebelum bahan tersebut dilepas ke alam" jelasnya.

Menurut Astri, rekayasa lingkungan dengan pendekatan bioteknologi sangat menjanjikan untuk memulihkan (meremediasi) lingkungan yang tercemar. Metode pengolahan pasif dengan bioremediasi dianggap ramah lingkungan karena memanfaatkan mikroba bersifat alami di tanah dan air tanah yang tidak menimbulkan ancaman bahaya bagi manusia dan makhluk lain di sekitarnya.

Baca juga : KPK Terus Berupaya Fasilitasi Lingkungan Bisnis Yang Bersih

Rektor Universitas Trisakti Prof Kadarsah Suryadi, dalam sambutannya, menyatakan bangga dengan pengukuhan Astri Rinanti menjadi Guru Besar ke-64 di lingkungan Universitas Trisakti. "Sebelum pengukuhan ini, Astri Rinanti di FATL telah melakukan berbagai penelitian serta kerja sama. Ke depan akan terus berinovasi dalam meningkatkan peran kampus pada masyarakat," tuturnya.

Dengan pengukuhan Guru Besar ini, Prof Kadarsah berharap, Astri Rinanti dapat memotivasi para dosen lainnya supaya dapat meraih guru besar dan menghasilkan karya bermanfaat bagi masyarakat dan negara.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.