Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bukalapak Dan Standard Chartered Rilis Produk BukaTabungan, Ini Kelebihannya

Senin, 5 September 2022 11:27 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Bukalapak dan Standard Chartered berkolaborasi meluncurkan BukaTabungan, sebuah layanan perbankan digital yang memanfaatkan jangkauan platform all-commerce dari Bukalapak dan teknologi nexus milik Standard Chartered. 

Peluncuran ini merupakan lanjutan dari pengumuman sebelumnya tentang kemitraan strategis kedua perusahaan, untuk meluncurkan penawaran inovatif dalam upaya memajukan fokus mereka pada perbankan digital dan meningkatkan inklusi keuangan untuk segmen underbanked di Indonesia.

BukaTabungan, yang ditawarkan dalam platform Bukalapak, akan menawarkan layanan perbankan yang inklusif, mudah, dan aman untuk  ekosistem Bukalapak yang terdiri dari lebih dari 110 juta pengguna dan 20 juta pelaku usaha. 

President, Commerce & Fintech Bukalapak Victor Lesmana menyampaikan, BukaTabungan akan menjadi produk yang menarik karena kini seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat mengakses layanan perbankan digital kelas dunia dengan mudah dan aman. 

Berita Terkait : Gaet Bank Danamon, Zurich Rilis Produk Perlindungan Bagi UMKM

Para pelaku usaha juga kini memiliki akses ke layanan keuangan untuk mendukung bisnisnya dari institusi finansial ternama. Pihaknya sangat antusias karena hal ini merupakan dukungan bagi misi perusahaan dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, serta terus memperluas inklusi finansial di seluruh negara. 

“Kami sampaikan apresiasi terbesar kami pada Standard Chartered atas kepercayaan serta semangat yang seirama di dalam kolaborasi ini,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (5/9).

Layanan ini juga didukung proses pendaftaran yang sepenuhnya digital, tanpa tatap muka. Menggunakan otomatisasi canggih dan teknologi keamanan yang menggunakan kecerdasan buatan (AI), pengenalan wajah biometrik, dan validasi E-KTP, proses pembukaan rekening di BukaTabungan bisa dilakukan sepenuhnya tanpa diperlukannya kertas apapun.

Melalui penawaran akses perbankan, BukaTabungan juga bertujuan untuk mendukung kelangsungan usaha dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan 97 persen dari tenaga kerja Indonesia.

Berita Terkait : Bank Mandiri Rilis Co-branding E-money Dengan Kemensetneg

Di mana banyak di antara mereka yang masih belum memiliki akses terhadap layanan pembiayaan formal dan juga masih belum pulih dari dampak Covid-19.

Bukalapak saat ini melayani 6,8 juta pelapak 14,2 juta Mitra Bukalapak, dan lebih dari 110 juta pengguna di seluruh Indonesia, yang sebagian besar bertransaksi di luar kota Tier 1. 

“Dengan hadirnya BukaTabungan, pemilik bisnis dan masyarakat umum akan dapat menikmati kemudahan layanan perbankan kelas dunia dalam genggaman tangan, kapan saja dan di mana saja,” kata Victor.

Kolaborasi antara Bukalapak dan Standard Chartered diperkuat oleh komitmen kuat kedua pihak terhadap sebuah visi bersama, untuk menjembatani kesenjangan inklusi keuangan dan mendorong dampak berkelanjutan di wilayah negara berkembang.

Berita Terkait : Kangaroo Luncurin Hydrogen Water Purifier KG 100 ES1, Ini Kelebihannya

Cluster Chief Executive Officer (CEO), Indonesia & ASEAN Markets (Australia, Brunei, Philippines) Standard Chartered Andrew Chia mengatakan, BukaTabungan sebagai salah satu layanan perbankan digital pertama di Indonesia, yang menggabungkan ekosistem e-commerce milik Bukalapak dengan keahlian perbankan dari Standard Chartered.

“Kemitraan ini akan turut meningkatkan lanskap layanan perbankan digital dan ekosistem teknologi, khususnya melalui pengadopsian layanan Banking-as-a-Service Standard Chartered nexus,” jelas Andrew.

Pihaknya berharap, layanan yang ditawarkan BukaTabungan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia demi tercapainya misi bersama, yakni peningkatan inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia BukaTabungan menawarkan banyak promo menarik bagi pengguna. Antara lain kemudahan membuka rekening secepatnya dalam lima menit, bebas biaya admin tabungan, gratis transfer dan tarik tunai hingga 20 per bulan dengan syarat tertentu (syarat dan ketentuan berlaku), serta suku bunga tabungan yang tinggi.