Dark/Light Mode

Terpilih Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

Heru Diminta Selesaikan Masalah Pokok Ibu Kota

Selasa, 11 Oktober 2022 07:45 WIB
Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)
Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski belum resmi dilantik, Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono telah diberi sejumlah tugas khusus oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia diminta mengatasi sejumlah persoalan klasik Ibu Kota, seperti banjir dan macet, setelah resmi dilantik sebagai Pj Guebrnur DKI Jakarta.

Presiden Jokowi meyakini, Heru dapat menajalankan tugas sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta secara baik. Sebab, rekam jejak Heru di DKI Jakarta sudah dik­etahuinya sejak dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Tahun 2014 lalu.

“(Soal tugas di DKI Jakarta) saya sudah sampaikan kepada Pak Heru. Utamanya, persoalan utama di DKI Jakarta, seperti macet dan banjir. Harus ada progres perkembangan yang signifikan,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, kemarin.

Baca juga : Heru Jadi Pj Gubernur DKI, Waketum KADIN: Sesuai Harapan Pengusaha

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo ini mengatakan, Heru me­miliki cara berkomunikasi yang baik dengan semua pemangku kepentingan. Kemampuan terse­but, merupakan modal besar untuk mengatasi berbagai persoalan di DKI Jakarta dengan baik dan cepat.

“Kita harapkan, nanti ada per­cepatan-percepatan,” cetusnya.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Achmad Yani, melontarkan optimisme yang sama. Ia menilai, latar belakang Heru Budi Hartono di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bisa membantunya dalam menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

Baca juga : Bang Heru Diminta Bikin Jakarta Lebih Nyaman

“Semoga Pj Gubernur DKI terpilih, bisa melanjutkan pembangunan di DKI Jakarta. Menangani kemacetan, banjir, sam­pah, membuka lapangan kerja, mengurangi pengangguran, hingga membangkitkan ekonomi masyarakat,” harap Yani.

Ia juga meminta seluruh pihak untuk menghormati keputusan Presiden Jokowi, yang telah memilih Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta. Sebab, undang-undang (UU) secara tegas mengatur tentang syarat untuk menjadi Pj, serta penunjukan Pj sebagai hak pre­rogatif Presiden.

“Beberapa waktu lalu, DPRD DKI Jakarta telah menyerahkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), termasuk Heru Budi Hartono. Beliau juga pernah bertugas di Pemprov DKI Jakarta,” jelas dia.

Baca juga : Segini Harta Kekayaan Heru Budi Hartono

Anggota Komisi Pemerintahan di DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono menambahkan, penun­tasan masalah banjir dan macet di Ibu Kota merupakan tugas yang cukup berat. Namun, tegas dia, hal tersebut harus bisa dia­tasi oleh Heru Budi Hartono se­bagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

“Apa yang diperintahkan Presiden Jokowi kepada Pj Gubernur DKI Jakarya, tugas berat itu. Itu persoalan pokok yang harus jadi skala prioritas Pj Gubernur ke depan,” ucap politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Namun begitu, ia meyakini, Heru bisa meyelesaikan sejum­lah persoalan utama di DKI Jakarta, seperti kemacetan, ban­jir, air bersih, perumahan dan sebagainya. Sebab, ia bukan orang baru di Ibu Kota, pernah menjadi Wali Kota Jakarta Utara dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.