Dark/Light Mode

Bukan Kebakar, Sumber Asap Bus Transjakarta Di Arion Karena Overheating

Kamis, 10 November 2022 18:10 WIB
Ilustrasi bus Transjakarta. (Foto: Ist)
Ilustrasi bus Transjakarta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) membantah kabar yang menyebutkan bus gandeng yang mengalami gangguan di Halte Arion, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, pada Rabu (9/11) terbakar. Transjakarta mengaku, sudah selesai melakukan investigasi atas armada itu dan diketahui bus tidak terbakar.

“Kesimpulannya adalah APAR otomatis menyemprot saat mesin overheating sehingga timbul asap dan sudah dipastikan tidak terbakar,” ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor di Jakarta, Kamis (10/11).

Baca juga : Ignasius Jonan Raih Anugerah Bintang Jasa Dari Kaisar Jepang

Anang bilang, bus tersebut hanya mengalami overheating atau panas berlebih akibat gangguan pada komponen. Dari pemeriksaan, ditemukan komponen yang mengalami gangguan pada bagian pompa pendingin. Transjakarta pun langsung mengganti dan menambahkan komponen pengamanan pada bagian tersebut.

Kini, lanjut Anang, Transjakarta juga melakukan pengecekan terhadap seluruh armada sejenis untuk menghindari kejadian serupa. Pengecekan dan penambahan komponen pengaman itu sudah dilakukan sebanyak 70 persen dari total armada gandeng yang dimiliki operator.

Baca juga : Gubernur Jakarta Oke Kasetpres Juga Okeā€¦

“Ini langkah preventif yang kita lakukan untuk memastikan semua bus laik beroperasi sehingga mobilitas pelanggan bisa terlayani dengan baik, aman dan nyaman,” katanya.

Seluruh proses investigasi dan pengecekan sendiri didampingi langsung oleh tim Transjakarta bersama Perum PPD selaku mitra operator terkait. Ditegaskan Anang, Transjakarta rutin melakukan pendampingan mitra operator untuk melakukan pengecekan kelaikan armada. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.