Dark/Light Mode

Covid-19 Di Ibu Kota Ngamuk Lagi

Heru Perketat Izin Konser Dan Kebut Vaksin Booster

Sabtu, 12 November 2022 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Foto:  Khairizal Anwar/RM).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Foto: Khairizal Anwar/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terus meningkatnya kasus Covid-19 di Ibu Kota. Salah satunya, dengan memperketat izin berkerumun.

Penyebaran virus Corona subvarian baru XBB, XBC atau BA.2.75 meningkat di Ibu Kota. Dalam beberapa pekan ini, jumlah kasus Covid-19 terus meningkat di DKI dari ratusan menjadi ribuan kasus per hari.

Data dari situs resmi penanganan Covid-19 Pemprov DKI menyebut, pada periode 2-8 November, kasus Covid harian rata-rata sebesar 1.805 kasus. Jumlah itu meningkat dibanding periode 26 Oktober-1 November yang rata-rata hanya sebanyak 1.091 kasus. Kemudian, Pada 10 November mencapai 2.396 kasus per hari. Jakarta tercatat sebagai penyumbang kasus harian Covid-19 terbanyak di Indonesia. Di level nasional, kasus Covid-19 mencapai 6 ribuan kasus per hari.

Baca juga : Covid Ganas Lagi, Ayo Cepat Booster

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus ini, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memperketat izin konser musik. Untuk konser yang mendapat izin, jumlah pengunjungnya akan dibatasi.

“Misalnya ruangannya cukup untuk 100 orang, itu akan dikurangi jadi 60 atau 70,” kata Heru usai memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 2022 di Monas, Jakarta, Kamis (10/11).

Heru mengaku sudah meminta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) yang mengeluarkan rekomendasi perizinan penyelenggaraan konser musik untuk meninjau kembali kapasitas penonton.

Baca juga : Antisipasi Lonjakan Covid-19, Heru Perketat Izin Konser Musik Di Ibu Kota

Selain itu, lanjut Heru, Pemprov DKI akan terus melakukan upaya percepatan pemberian vaksin booster. “Percepatan booster menjadi salah satu strategi untuk menekan kasus Covid-19 di Jakarta,” ujarnya.

Heru mengungkapkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menjamin ketersediaan vaksin booster untuk warga. “Kementerian Kesehatan siap membantu ketersediaan vaksin sehingga target warga Jakarta mendapat booster tercapai,” tegasnya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyambut baik upaya DKI mengerem kasus Covid-19.

Baca juga : Vaksin Covid Anak Bangsa Lagi Disiapkan Buat Booster

“Kemenkes sangat setuju (perketat izin berkerumun-red). Seluruh provinsi mesti melakukan upaya-upaya mencegah penularan,” kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril saat konferensi pers, Kamis (10/11).

Syahril mengimbau, Pemerintah Daerah bijaksana menghadapi situasi saat ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.