Dark/Light Mode

DPRD Tambah Subsidi Transjakarta Jadi Rp 3,5 Triliun Pada 2023

Selasa, 15 November 2022 11:16 WIB
Ilustrasi bus listrik Transjakarta. (Foto: Ist)
Ilustrasi bus listrik Transjakarta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengungkap anggaran subsidi penumpang atau Public Service Obligation (PSO) untuk Transjakarta naik Rp 300 miliar menjadi Rp 3,5 triliun pada tahun 2023.

Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Jakarta Dwi Rio Sambodo justru membantah kabar yang menyebut subsidi atau Public Service Obligation (PSO) tiket PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dipangkas.

Baca juga : Bukan Kebakar, Sumber Asap Bus Transjakarta Di Arion Karena Overheating

"Dari Rp 3,2 triliun di tahun 2022 menjadi Rp 3,5 triliun pada tahun 2023 yang saat ini sedang dalam pembahasan RAPBD 2023 setelah melewati masa pembahasan di KUA/ PPAS 2023," kata Rio, Selasa (15/11).

Dibeberkan Rio, pada pembahasan RAPBD 2023, Anggaran TransJakarta yang semula saat KUA PPAS sebesar Rp 4,2 triliun berkurang menjadi Rp 3,5 triliun saat pembahasan RAPBD. Itu, lanjutnya, karena menyesuaikan dengan realisasi PSO Transjakarta yang berada di kisaran Rp 3 triliun.

Baca juga : Di Tengah Revolusi IT, Pancasila Jadi Filter Peradaban

"Dan tidak menyentuh tentang Anggaran PSO. Bukan juga karena dialihkan untuk hibah operasional TNI-Polri," jelasnya.

"Harga tiket Transjakarta tidak akan naik. Rumor bahwa harga tiket akan naik adalah tidak benar dan menyesatkan," sambung Rio menegaskan.

Baca juga : Top, Krakatau Steel Raih Laba Rp 1,28 Triliun Di Kuartal III-2022

Di sisi lain, Rio memnta Direksi Transjakarta untuk menjelaskan mengapa masih banyak bus yang tidak beroperasi dan menganggur di pool. Sehngga banyak keluhan bus Transjakarta penuh sesak dan waktu tunggunya lama.

"Misalnya, di Pool Pondok Pinang, ada puluhan atau bahkan ratusan bus low entry yang tidak dioperasikan. Sehingga bisa rusak karena didiamkan," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.