Dark/Light Mode

Sistem Tap In-Tap Out Transjakarta Masih Kacau

Ribuan Penumpang Nuntut Refund Saldo

Selasa, 18 Oktober 2022 07:30 WIB
Calon penumpang memindai kartu uang elektronik di Halte Harmoni Transjakarta, Senin (10/10/2022). Penumpang moda transportasi mulai beradaptasi dengan adanya perubahan sistem satu kartu satu uang elektronik di layanan bus Transjakarta oleh PT Jaklingko Indonesia. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa).
Calon penumpang memindai kartu uang elektronik di Halte Harmoni Transjakarta, Senin (10/10/2022). Penumpang moda transportasi mulai beradaptasi dengan adanya perubahan sistem satu kartu satu uang elektronik di layanan bus Transjakarta oleh PT Jaklingko Indonesia. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerapan sistem tarif integrasi antar moda transportasi di Ibu Kota belum menunjukkan perbaikan signifikan. Masih terjadi antrean panjang saat penumpang melakukan tap in dan tap out. Tak cuma itu, banyak yang mengeluh saldo terpotong dua kali.

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaludin memastikan, pihaknya sudah memperbaiki dan melakukan perubahan proses tap in dan tap out di Halte Transjakarta. Yakni, dengan mempersingkat waktu saat proses checking kartu. Bahkan, dia mengklaim pihaknya sudah melakukan testing kecepatan tap out.

“Nggak boleh proses lebih lambat. Karena kalau checking lebih lambat maka akan menambah antrean,” kata dia di Jakarta, Minggu (16/10).

Baca juga : Kemang Kebanjiran, Transjakarta dan Mikrotrans Alihkan Rute Layanan 

Selain itu, pihaknya telah memperbaiki sistem yang menyebabkan saldo penumpang terpotong dua kali.

“Kami sudah memastikan bahwa saldo pengguna hanya terpotong sekali dan tidak ada potongan lagi,” ujarnya.

Bagi penumpang yang saldonya terpotong dua kali, papar Kamaludin, JakLingko memberikan layanan pengembalian saldo atau refund. JakLingko sudah membuka layanan pengembalian saldo penumpang Transjakarta maupun MRT.

Baca juga : Penumpang Girang, Tak Khawatir Pulang Malam

Kamaluddin menjelaskan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh penumpang untuk proses pengembalian saldo. Pertama, pengguna perlu menghubungi customer care PT JakLingko Indonesia di nomor 081260001440. Pengguna dapat menghubungi nomor customer care JakLingko langsung atau melalui pesan singkat WhatsApp.

Setelah itu, pengguna akan diarahkan untuk melaporkan nomor kartu dan kejadian terjadinya pemotongan saldo. Pengguna akan diminta untuk memberikan nomor telepon yang bisa dihubungi. Selanjutnya, pengguna diwajibkan untuk mengunduh aplikasi JakLingko di ponselnya. Pengunduhan ini penting dilakukan karena nantinya saldo yang dikembalikan melalui aplikasi JakLingko.

JakLingko mencatat ada sekitar 3.500 pengguna yang mengajukan pengembalian saldo. Dari 3.500 pengguna, sekitar 25 persen sudah selesai diproses. Dipastikannya, proses refund akan dilakukan secepat mungkin.

Baca juga : Transjakarta Minta Korban Pelecehan Di Bus Berani Melapor

“Nggak banyak pelanggan (yang meminta refund). Tapi kami serius. Kami kembalikan saldonya kalau memang terpotong dua kali,” tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.