Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Muslimat NU Bojong Rawalumbu Gelar Lomba Keagamaan Dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Minggu, 20 November 2022 06:26 WIB
Rais Syuriah PR NU Bojong Rawalumbu KH Syatori Abror,  ketua Muslimat Hj Khusnawati dan juri lomba KH Abdullah Syafei., KH Natsir dan Ustad Muslimin (Foto : ist)
Rais Syuriah PR NU Bojong Rawalumbu KH Syatori Abror, ketua Muslimat Hj Khusnawati dan juri lomba KH Abdullah Syafei., KH Natsir dan Ustad Muslimin (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Ranting (PR) Muslimat NU Bojong Rawalumbu menggelar lomba keagamaan serta pelayanan kesehatan pada masyarakat sekitar di Yayasan Al Huda, Rt 07/01 Bojong Rawalumbu, Rawalumbu, Kota Bekasi pada Sabtu (19/11).

Sekitar 100 peserta dari berbagai majelis taklim ikut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjalin silaturahmi antar majelis taklim di lingkungan Kelurahan Bojong Rawalumbu.

Rais Syuriah PR NU Bojong Rawalumbu KH Syatori Abror mengatakan, kegiatan ini bagian dari cara pengurus ranting untuk tetap memelihara kultur dan akidah ahli sunnah waljamaah yang memang sudah tertanam di masyarakat.

“Antusiasme ibu-ibu dari berbagai majelis sangat tinggi mengikuti lomba. Tentu mereka tidak sekadar ingin mendapat hadiah, tapi ingin memahami serta mengukur kemampuan dari pengajian-pengajian yang mereka ikuti sehingga bisa mengokohkan akidah ahli sunnah waljamaah,” kata Syatori Abror saat membuka acara di Mushola Al Huda, Sabtu (19/10).

Baca juga : Ganjar Jaring Dukungan Ribuan Nelayan Kepulauan Selayar

Syatori menjelaskan dalam NU, ada tradisi yang terus dipelihara seperti khatmil quran, pembacaan manaqib, serta lailatul ijtima yang dilakukan berbagai PR di NU. “Kegaitan lomba yang dilakukan oleh PC Muslimat NU di Bojong Rawalumbu bagian dari upaya menjaga tradisi tersebut,” jelasnya.

Ketua PR Muslimat NU Bojong Rawalumbu Hj Khusnawati menambahkan, lomba kegamaan ini terdiri dari tiga katagori. Lomba membaca maulid diba, tahsin membaca surat pendek Alquran serta tajwidil huruf. Tiga juri yang menilai tokoh-tokoh masyakarat sekitar yakni KH Abdullah Syafei, KH Nasir dan Ustad Muslimin.  

Pemenang lomba ini rencananya akan diumumkan pada pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang akan digelar pada 26 November di tempat yang sama.

“Rupanya antusiasme ibu-ibu pengajian sangat tinggi mengikuti lomba. Mereka ingi tahu sejauh mana kemampuan hafalan atau ketepatan makhorijul khuruf membaca Alquran. Kami berharap kegiatan ini akan terus kami lakukan dan menjadi agenda rutin PR Muslimat NU Bojong Rawalumbu,” jelas Hj Kusnawati didampingi ketua panitia, Marfuah dan sekretaris, Munhimah.

Warga Rt 07/01 Bojong Rawalumbu antusias mengikuti pelayanan pemeriksaan kesehatan masyarakat.  

Baca juga : Prof Didik: Negara Wajib Berikan Pelayanan Kesehatan Ke Rakyatnya

Dibantu pengurus PR Ansor, Banser, Fatayat NU Bojong Rawalumbu, kegiatan ini juga menghadirkan tim kesehatan yang melayani pemeriksaan kesehatan di lingkungan warga sekitar.

Ada dua dokter yang disiapkan melayani tes kesehatan seperti  pemeriksaan kolesterol, diabetis, asam urat dan tekanan darah.

“Kami ingin kegiatan ini juga memberi dampak langsung kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Selain memeriksa, tim dokter juga membuka kesempatan konsultasi terkait kesehatan kepada warga sekitar,” jelas Khusnawati.

Ketua RT 07/01 Ibu Yanih mengapresiasi kegiatan lomba sekaligus pemeriksaan kesehatan kepada warga yang dilaksanakan oleh PC Muslimat NU. Ini menunjukkan peran nyata Muslimat NU terhadap warga.

Baca juga : IKN Tingkatkan Taraf Pendidikan Dan Kesejahteraan Masyarakat

Tidak hanya memenuhi kebutuhan rohani dengan berbagai pengajian yang dilakukan tetapi juga menjaga jasmani dengan pemeriksaan kesehatan.

“Warga kami sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mewakili warga, kami sangat berterima kasih kepada PC Muslimat NU Bojong Rawalumbu menggelar acara ini. Semoga menjadi nilai ibadah di sisi Allah SWT,” ujar Yanih.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.