Dark/Light Mode

Tsunami Mereda, Hoaks Menggila

Rakyat Lari, Relawan Lari Bupati Irna Juga Ikut Lari

Rabu, 26 Desember 2018 14:23 WIB
(Foto: IG  @infobmkg)
(Foto: IG @infobmkg)

 Sebelumnya 
Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhammad Sadly mengimbau masyarakat tetap tenang. Dia menyarankan masyarakat mengakses informasi lewat aplikasi BMKG di ponsel masing-masing. Bisa diunduh dan dipasang dari Playstore dengan gratis. Karena cuaca sedang tidak bersahabat, masyarakat sebaiknya menghindari garis pantai. Kondisi cuaca saat ini memang tidak bersahabat. Karena itu, dia juga menyarankan warga menjauhi pantai.

Baca juga : Polda Banten Amankan 64 Mobil & 20 Motor

Terkait potensi erupsi Gunung Anak Krakatau, masyarakat diimbaunya senantiasa mematuhi instruksi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG). Bila saat ini PVMBG menyatakan kondisi gunung itu berstatus Waspada, masyarakat diimbau tak mendekat dan berada pada jarak yang aman saja. Soal kepanikan masyarakat hingga berlarian menghindari laut, memang kondisi di lautan terpantau sedang bergelombang. “Anginnya cukup kencang," kata Sadly.

Baca juga : Total Korban Jiwa Tsunami Selat Sunda Kini 429 Orang

Di jagat maya, hoaks soal tsunami juga beredar luas. Antara lain beredar pesan yang mengabarkan kepada masyarakat untuk waspada terhadap tsunami yang terjadi di pantai-pantai di utara wilayah Karawang. Pihak kepolisian pun memberikan konfirmasinya dan menyebut pesan itu sebagai kabar bohong atau hoaks.
Selain itu, ada juga SMS yang menyebut akhir tahun ini akan ada banyak bencana. Ini juga dipastikan hoaks.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.