Dark/Light Mode

Kawasan Serpong & Pamulang Diberlakukan One Way Mulai 2023

Sabtu, 31 Desember 2022 09:29 WIB
Foto: Dok. Korlantas Polri
Foto: Dok. Korlantas Polri

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemberlakuan Sistem One Way di kawasan Pamulang dan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mulai efektif diberlakukan pada periode awal tahun 2023.

Sementara ini, One Way baru diujicobakan di kawasan Serpong pada 20 hingga 24 Desember 2022. Sedangkan di wilayah Pondok Cabe, Pamulang, direncanakan segera menyusul pada awal tahun 2023.

Ujicoba One Way di kawasan Serpong berlangsung di Simpang Tiga Buaran – Simpang Empat Viktor – Simpang Empat Muncul hingga Simpang Bundaran Tekno.

Ada 2 opsi yang dijalankan, di mana masing-masing dilakukan selama 2 hari sejak 20 hingga 24 Desember 2022.

Baca juga : Ini Jadwal Laga Semifinal Piala Dunia 2022

Pada opsi pertama, seluruh kendaraan dari arah BSD menuju Simpang Empat Viktor dibuat satu arah melalui Jalan Buaran. Lalu arus kendaraan yang menuju Simpang Empat Muncul dari arah Simpang Empat Viktor juga dibuat satu arah.

Berikutnya, kendaraan yang menuju Simpang Bundaran Tekno dari arah Simpang Empat Muncul dibuat satu arah melalui Jalan Raya Serpong.

Lalu pada opsi kedua, penerapan One Way relatif sama di mana arus dari BSD dibuat satu arah menuju Simpang Empat Viktor melalui Jalan Raya Buaran. Begitu pun laju kendaraan dari Simpang Empat Muncul dibuat satu arah menuju Simpang Bundaran Tekno.

Perbedaannya hanya pada Jalan Raya Puspiptek, di mana kendaraan dari Simpang Empat Viktor menuju Simpang Empat Muncul tetap dibuka untuk 2 arah.

Baca juga : Era Baru Sepakbola Jepang, Minamino Cs Pulang Dengan Kepala Tegak

“Dua-duanya sudah kita terapkan opsinya, kemungkinan nanti pemberlakuannya setelah Pam (Pengamanan) Nataru. Jadi kemarin kita sudah bersepakat dengan beberapa unsur OPD, kecamatan, Polres, dan yang lainnya. Kita sudah ada sebagian hasilnya, perbandingan dari 2 opsi tadi. Mudah-mudahan di awal tahun sudah ada informasi pemberlakuannya,” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas (Kabid Lalin) Dinas Perhubungan Kota Tangsel, Topan, seperrti dilansir Korlantas Polri, Sabtu (31/12).

Topan menambahkan, uji coba pemberlakuan One Way akan segera dilakukan pula di kawasan South City, Pondok Cabe, Pamulang.

Namun, menurutnya upaya itu akan dilakukan bertahap melalui kajian bersama forum lalu lintas setelah pemberlakuan One Way di kawasan Simpang Empat Viktor, Serpong.

“Kemarin itu usulannya, South City di Pondok Cabe, kita mau uji cobakan juga. Kita juga nanti survei, kita pantau lewat drone mana volumenya yang padat, yang krusial, dialihkan ke mana. Kita masih rencana, memang setelah ini (Serpong) selesai kita akan fokus di sana,” ujarnya.

Baca juga : BI Bicara Boyong 11 Penghargaan Contact Center World 2022

Sebagaimana diketahui, pada pagi dan sore hari kerja kemacetan sulit dihindari di beberapa ruas jalan di Kota Tangsel. Antrian kendaraan bahkan sampai mengular panjang hingga viral diunggahan media sosial. Berbagai upaya telah dilakukan, termasuk dengan pemberlakuan One Way. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.