Dark/Light Mode

Haedar Nashir Ajak Elite Korbankan Ego Demi Kesejahteraan Masyarakat

Minggu, 11 Agustus 2019 11:38 WIB
Haedar Nashir (Foto: Istimewa)
Haedar Nashir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, meminta para pemimpin dan elite politik tidak sekadar menyembelih hewan kurban di Idul Adha kali ini. Para elite juga harus "berkurban" yang lain untuk masyarakat mengikuti teladan Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail dalam historis perayaan Idul Adha.

"Saatnya para pemimpin ‘berkurban’ sebagaimana keteladanan Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail," kata Haedar, dalam khutbah salat Idul Adha, di Lapangan Masjid Agung Al Azhar, Jakarta, Minggu (11/8) seperti dikutip antaranews.com.

Baca juga : Ayo..Atasi Stunting dengan Pola Hidup Sehat dan Gerakan Masyarakat

Berkurban yang dimaksud Haedar ialah mengesampingkan ego dan kepentingan pribadi dan golongan dalam sistem politik pemerintahan. Elite harus berfokus menyejahterakan masyarakat. "Yang muncul sekarang itu kan egoisme lebih di para elite. Bisa kita lihat lah sekarang. Pascapilpres, pascapileg itu para elit bukan berpikir bangsa ini mau dibawa kemana tetapi satu sama lain saling menjatah kursi dan kemudian berebut kursi," kata Haedar.

Dia mengakui, memang dalam berpolitik terdapat kepentingan terkait siapa dapat apa kapan dan bagaimana caranya. Namun dirinya mengingatkan para elite juga harus memikirkan kepentingan bangsa.

Baca juga : Digoda Jadi Calon Walikota Solo Gibran & Kaesang, Mau?

"Tetapi kan kita ini Bangsa Indonesia, katanya punya Pancasila, katanya religius, mestinya menyadarkan para elit bahwa bangsa kita ini problemnya banyak, kesenjangan sosial masih tinggi. Harus ada jiwa kepedulian terhadap keadaan jangan menikmati dan berebut kekuasaan tanpa hati," kata dia.

Haedar menyebut kondisi seperti ini penting untuk menjadi pelajaran agar bangsa Indonesia, terlebih para pemimpin dan elit politik, naik kelas secara peradaban agar tidak ribut dalam hal-hal yang sifatnya kekuasaan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.