Dark/Light Mode

Stok Vaksin Aman Dan Gratis, Dinkes DKI Imbau Warga Segera Booster Kedua

Senin, 13 Februari 2023 13:58 WIB
Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama
Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengimbau warga usia 18 tahun ke atas untuk segera vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua.

Selagi stok vaksinnya ada dan tidak dipungut biaya alias gratis. Dinkes DKI Jakarta menyiapkan sekitar 300 layanan vaksinasi yang melayani setiap hari. Bahkan ada layanan sore dan malam hari mulai pukul 16.00-20.00 pada Senin-Jumat di 44 puskesmas kecamatan.

Layanan vaksinasi ini berlaku untuk KTP seluruh Indonesia. Merek vaksin yang disediakan, yakni Pfizer dan Zifivax.

Baca juga : Raffi Ahmad Dan Bepe Dicoret, Ini 74 Calon Sementara Para Bos PSSI

Untuk lokasi pelayanan vaksinasi, warga diimbau untuk mengecek Instagram Dinkes DKI Jakarta, @dinkesdki dan fasilitas kesehatan terdekat melalui daftar akun instagram Puskesmas, RSUD/RSKD, dan Suku Dinas Kesehatan.

Tidak hanya dosis keempat, layanan vaksinasi juga dapat melayani dosis 1 dan 2 untuk usia 12 tahun ke atas dan dosis 1,2,3,4: usia 18 tahun ke atas.

Dengan ketentuan: Jarak dosis 2 ke dosis 3 minimal 3 bulan; Jarak dosis 3 ke dosis 4 minimal 6 bulan, tanpa harus menunggu tiket di PeduliLindungi terbit; Jarak vaksin dosis berapa pun dari sembuh Covid-19 minimal 1 bulan; Jarak vaksin dosis berapa pun dari merk vaksin lain minimal 14 hari.

Baca juga : Warga Yang Sudah Divaksin Booster Kedua Masih Sedikit

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, Kementerian Kesehatan mengakui masih ada beberapa tiket vaksinasi dosis 4 yang belum keluar di sistem PeduliLindungi.

Meski begitu, Ngabila mendorong masyarakat untuk tetap vaksin jika sudah berjarak 6 bulan dari dosis 3.

“Minta bukti vaksin manual berupa kartu. Ini wajib, kerena info merk, no batch vaksin, tanggal akan ada di sana,” kata Ngabila, Senin (13/2).

Baca juga : Sudah Diizinkan BPOM, Dinkes DKI Masih Tunggu Regulasi Kemenkes

Selain itu, kasih fotokopi KTP ke petugas vaksin untuk backup petugas menginput susulan. Selanjutnya, pantau secara berkala aplikasi PeduliLindungi apa sudah ada tiket 4 atau belum.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.