Dark/Light Mode

Puluhan RT Di Ibu Kota Terendam

Petugas Pemprov Siaga Sedot Genangan Banjir

Selasa, 28 Februari 2023 07:30 WIB
Sejumlah petugas gabungan dari BPBD DKI Jakarta, PPSU Kelurahan Kampung Melayu, Sudin SDA Jakarta Timur dan personel kepolisian menangani banjir di RT 13 RW 04, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (27/2). Banjir setinggi 1-2 meter yang merendam dua RT di Kampung Melayu terjadi akibat luapan Kali Ciliwung disertai curah hujan tinggi. (Foto: Ist).
Sejumlah petugas gabungan dari BPBD DKI Jakarta, PPSU Kelurahan Kampung Melayu, Sudin SDA Jakarta Timur dan personel kepolisian menangani banjir di RT 13 RW 04, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (27/2). Banjir setinggi 1-2 meter yang merendam dua RT di Kampung Melayu terjadi akibat luapan Kali Ciliwung disertai curah hujan tinggi. (Foto: Ist).

 Sebelumnya 
Hal senada diungkap situs pemantau cuaca, cuacalab.id. Situs memprakirakan cuaca Ja­karta kurang bersahabat. Dalam seminggu ke depan, Ibu Kota bakal diguyur hujan.

Cuaca di Jakarta dari Minggu (26/2) hingga Sabtu (4/3) berada di +23 derajat celcius hingga +29 derajat celcius. Itu artinya, selama seminggu ke depan, Ja­karta masih akan diguyur hujan yang terjadi sejak pagi hingga malam. Karena itu, warga Jakar­ta dan sekitarnya harus waspada terjadinya genangan.

Kepala BPBDDKI Isnawa bilang, selain mengerahkan per­sonel untuk memonitor kondisi genangan, pihaknya memberikan bantuan ke lokasi pepengung­sian. Dia menegaskan, pihaknya siap membantu masyarakat.

Baca juga : Wali Kota Tangerang Beberkan Hasil Pembangunan dari Pajak

“Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop,” tegasnya.

Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko mengaku su­dah menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar siaga.

“Saya sudah instruksikan un­tuk setiap OPDhingga tingkat kelurahan membuat tim piket 24 jam,” kata Yani, Sabtu (25/2).

Baca juga : Penuhi Syarat, Kertajati Siap Layani Penerbangan Haji

Yani menyebut, pembentukan tim sebagai upaya antisipasi genangan dan percepatan penanganan genangan sekaligus bantuan untuk warga.

Penanganan genangan di antaranya dengan memaksimalkan keberadaan pompa stasioner, pompa mobile dan pompa porta­ble dan mesin pompa untuk mem­percepat penanganan genangan. Ini dilakukan sambil menunggu rampungnya pembangunan pol­der di Kelurahan Kamal, pem­buatan turap sepanjang 1.400 meter di Kali Pesanggrahan.

“Saya minta Sudin SDAsiaga di pos masing-masing dan jika terjadi genangan langsung mengaktifkan mesin pompa agar genangan bisa cepat surut,” tandasnya.

Baca juga : Mendag Zulkifli Hasan: Indonesia Siap Bantu Penanganan Gempa

Untuk mengantisipasi terjadinya genangan, Pemkot Jakarta Selatan mengerahkan 250 personel Satgas Sumber Daya Air (SDA). Mereka disebar ke 10 wilayah kecamatan di Jakarta Selatan.

Kasi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Jaksel, Junjung mengatakan, sebagian dari personel satgas tersebut sudah diterjunkan ke lokasi terjadinya genangan untuk lakukan penanganan. Antara lain di Jalan Ciledug Raya, Jalan Tanjung Barat, Jalan Pondok Pinang,

kawasan Pasar Jagal dan Jalan Kemang Utara IX, kawasan Kom­plek Ikatan Koperasi Pegawai Negeri (IKPN) Bintaro, kawasan Tanah Kusir dan Jalan Swadarma Raya, Pesanggrahan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.