Dark/Light Mode

Sukses Lewati Target UHC Nasional, Pemkot Tangerang Raih Penghargaan

Selasa, 14 Maret 2023 19:26 WIB
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah (kanan) menerima penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian atas keberhasilan Kota Tangareng melampaui Cakupan Kesehatan Semesta. (Foto: Dok. Pemkot Tangerang)
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah (kanan) menerima penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian atas keberhasilan Kota Tangareng melampaui Cakupan Kesehatan Semesta. (Foto: Dok. Pemkot Tangerang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dianggap berhasil dalam mewujudkan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC). Hal ini seiring diraihnya penghargaan dari BPJS Kesehatan yang dibagikan di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3).

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah berharap, penghargaan tersebut bisa memotivasi Pemkot Tangerang untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada seluruh masyarakat.

Baca juga : Dukung Kemudahan Wajib Pajak, Pajakind Raih Pendanaan Seri A

"Terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat, Kota Tangerang mendapatkan UHC. Mudah-mudahan ini menjadi komitmen kami, Pemda untuk bisa memberikan pelayanan semesta bagi masyarakat kota Tangerang," ujarnya.

UHC merupakan amanah dari Inpres Nomor 1 Tahun 2022 untuk mewujudkan target 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui alokasi anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan iuran yang didaftarkan Pemerintah Daerah.

Baca juga : Ketua Bakohumas Apresiasi Komunikasi Publik Kementan Tangani Penyakit Hewan

"Tentunya hasil ini juga berkat dukungan banyak pihak. Mulai dari masyarakat, BPJS, dan juga DPRD yang telah mendukung program UHC di kota Tangerang," terang Arief.

Untuk Kota Tangerang, capaian jaminan kesehatannya sudah di atas target UHC yaitu sebesar 99,04 persen atau 1.854.936 peserta dengan 375.350 peserta adalah penerima program Pembayaran Bantuan Iuran (PBI) melalui pendanaan APBD.

Baca juga : Tingkatkan Literasi Nasional, Kemendikbudristek Gandeng Dharma Wanita Persatuan

"Capaian UHC Kota Tangerang 99,04 persen dan 375.350 pesertanya adalah PBI dari APBD," terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dinny Anggraeni.

Bentuk perhatian Pemkot Tangerang dalam pelayanan kesehatan, selama satu dasawarsa terakhir telah ada program Jaminan Kesehatan dan Pengobatan yang Dibiayai Pemerintah (Jabat Sehat) bagi seluruh masyarakat Kota Tangerang. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan tersebut secara cuma-cuma di 35 RS yang ada di Kota Tangerang dengan catatan di kelas 3.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.