Dark/Light Mode

Tips Cegah Kebakaran Dan Kemalingan Saat Mudik

Matikan Listrik, Gas Dan Lapor Ke RT-RW

Rabu, 19 April 2023 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Antara).
Ilustrasi. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
“Kan, sudah ada program ada 1 polisi di setiap satu RW. Nanti RW bisa berperan aktif bersama-sama dengan Polisi RW untuk melakukan pengelolaan keamanan di lingkungan masing-masing,” jelas Trunoyudo.

Menurut Trunoyudo, Polsek hingga Polres sudah membuka layanan untuk menerima titipan barang berharga seperti kendaraan dan lain-lain. Namun ditekankannya, penyediaan penitipan kendaraan di kantor polisi, memiliki keterbatasan tempat parkir.

“Perlu diketahui,layanan tidak unlimited, karena kapasitas terbatas,” imbuhnya.

Baca juga : Naik Heli, Kapolri Pantau Langsung Arus Mudik Di Jalan Tol Dan Arteri

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi (Pras) mengapresiasi inisiatif kepolisian membuka layanan titip rumah. Karena, warga tak akan sanggup menjaga rumah sendiri tanpa bantuan polisi.

“RT/RW dan Linmas tidak mungkin bisa bekerja maksimal saat momen Idul Fitri karena banyak di antara mereka yang punya agenda lain seperti silaturahmi ke rumah kerabat. Jadi, memang perlu kehadiran kepolisian,” kata Pras, Senin (17/4).

Bagi Pras, kebijakan tersebut menunjukkan negara hadir melalui kepolisian. Terlebih, saat situasi rumah warga rawan pencurian.

Baca juga : Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan, Havaianas Bagikan 300 Sandal dan Sembako

“Ini akan efektif menekan kasus perampokan yang marak dan sering terjadi saat momen Idul Fitri. Terima kasih kepada kepolisian atas inisiasinya,” ujarnya.

Pras mengajak masyarakat agar tidak segan-segan menghubungi kepolisian untuk memastikan keamanan rumahnya. Apalagi, banyak pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momentum Lebaran untuk keuntungan pribadi.

“Tidak semua masyarakat memiliki CCTV untuk memantau rumah. Makanya, jangan ragu untuk melapor ke polisi,” tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.