Dark/Light Mode

Khusus Tiga Koridor

Transjakarta Jamin Waktu Tempuh Bus Lebih Ngebut

Kamis, 25 Mei 2023 07:30 WIB
Bus Transjakarta mengantre untuk mengangkut penumpang di Halte Bundaran Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2023). (Foto: Antara).
Bus Transjakarta mengantre untuk mengangkut penumpang di Halte Bundaran Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2023). (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggaransi waktu tempuh layanan bus Transjakarta hanya 35 menit untuk rute Ragunan-Kuningan Timur, Grogol-Semanggi dan Pluit-Kota. Waktu itu lebih cepat sekitar 10 menit dari sebelumnya.

Direktur Operasi dan Keselamatan Transjakarta Daud Jo­seph mengatakan, layanan ini merupakan inovasi perusahaan untuk memberikan layanan ter­baik, khususnya dalam memberikan kepastian waktu tempuh. Meski begitu, ditegaskan Jo­seph, pihaknya tetap menguta­makan aspek kenyamanan dan keselamatan.

Karena itu, pihaknya terus memetakan dan mengelola semua potensi masalah yang dapat menghambat waktu tempuh Transjakarta.

Baca juga : KPK Cegah Dirut TransJakarta Kuncoro Wibowo Ke LN

“Kami kelola dengan pola target waktu tempuh 35 menit,” kata Joseph dalam keterangan­nya, kemarin.

Dia berharap, dengan layanan lebih cepat, pelanggan setia bisa merasa lebih nyaman.

Layanan waktu tempuh 35 menit di tiga rute tersebut sudah diuji coba pada Rabu (17/5). Uji coba dilakukan dari Halte Ragunan ke Kuningan Timur. Hasilnya, dari jarak sejauh 10 kilometer (km) dengan kecepatan rata-rata 50 km per jam, bus bertolak pukul 07.05 WIB dan tiba di Halte Kuningan Timur pada pukul 07.34 WIB. Itu artinya, jarak tempuh rute dengan singgah di 11 halte hanya 29 menit. Rute yang diujicoba ini merupakan koridor enam yang melayani Ragunan menuju Halte MH Thamrin atau Sarinah.

Baca juga : Taklukkan Jakarta Pertamina, Jakarta STIN BIN Lolos Ke Final Four

Direktur Utama PT Transjakarta Welfizon Yuza mengatakan, pihaknya sengaja melaku­kan uji coba pada pukul 07.00 karena pada pukul 06.00 hingga 09.00 merupakan waktu sibuk layanan atau jam kantor. Setiap hari kerja, pergerakan kendaraan dari daerah penyangga menuju pusat kota cukup tinggi dan jalur reguler sangat padat.

“Kita janji ketepatan waktu, diuji coba Ragunan ke Kuningan 35 menit pada jam sibuk 06.00-09.00. Kita berikan garansi pada penumpang,” kata Yuza.

Menurutnya, perjalanan bus Transjakarta di koridor itu bisa lebih maksimal karena jalurnya sudah disterilisasi. Sebelumnya, jarak tempuh dari Ragunan ke Kuningan Timur menghabiskan waktu sekitar 45 menit.

Baca juga : Prasetio Dorong Transjakarta Rambah Sektor Bisnis Non-Farebox

Waktu tempuh menggunakan Transjakarta, tegas Welfizon, jauh lebih singkat dibanding kendaraan pribadi atau angkutan umum lain. Karena, jalur Transjakarta bebas dari kemacaten.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.