Dark/Light Mode

Setelah Digeruduk Netizen

DKI Akhirnya Cairkan Bansos KJP Dan KJMU

Jumat, 2 Juni 2023 07:30 WIB
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat. (Foto: Antara).
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akhirnya mencairkan anggaran Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus sebesar Rp 1,5 triliun dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) Tahap I Tahun 2023 sebesar Rp 134 miliar. Bantuan sosial (bansos) itu diharapkan bisa membantu pemenuhan kebutuhan biaya pendidikan penerima.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat men­jelaskan, program KJP Plus bertu­juan untuk mendukung program wajib belajar 12 tahun, mening­katkan akses layanan pendidikan secara adil dan merata, menjamin kepastian mendapatkan layanan pendidikan serta meningkatkan mutu layanan dan kualitas hasil pendidikan di DKI Jakarta.

Baca juga : Pemerintah Kembali Tunjuk Pos Indonesia Salurkan Bansos Beras 2023

“Bansos ini untuk memban­tu pemenuhan biaya personal siswa, bantuan SPP bulanan bagi siswa sekolah/madrasah swasta dan bantuan untuk per­siapan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri kepada siswa kelas 12 jenjang SMA, MA (Madrasah Aliyah), SMKdan PKBM (Pusat Kegiatan Be­lajar Mengajar) Paket C,” kata Syaefuloh dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/5).

KJP Plus diberikan kepada peserta didik usia 6-21 tahun yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) DKI, ber­domisili di Jakarta dan terdaf­tar sebagai peserta didik pada Satuan Pendidikan Negeri atau Swasta di Provinsi DKI Jakarta dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca juga : Urusan Cawapres Anies KPP Manut Ke Usulan JK

Dana bansos KJP Plus Tahap I Tahun 2023 sudah dicairkan pada Selasa, 30 Mei 2023 dengan jum­lah penerima sebanyak 664.936 siswa dengan rincian jenjang SD/MI sebanyak 307.214 siswa, jenjang SMP/MTs sebanyak 184.343, siswa jenjang SMA/MAsebanyak 64.486 siswa, jenjang SMKsebanyak 107.027 siswa dan jenjang PKBM sebanyak 1.866 siswa.

Syaefuloh menambahkan, bersamaan dengan pencairan dana KJP Plus, Pemprov DKI mencairkan dana KJMU pada Selasa, 30 Mei 2023. KJMU diberikan kepada mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang memiliki NIK DKI dan terdaftar dalam DTKS dan/atau warga binaan sosial panti sosial Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga : Setiap Hari, Serdik Sespimmen 63 Sebar Bansos Di Bandung

“KJMU memberikan akses dan kesempatan belajar di penguruan tinggi negeri dan swasta untuk peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik untuk menempuh pendidikan program diploma/sarjana sampai selesai dan tepat waktu,” ujar Syaefuloh.

Pada Tahap I Tahun 2023, jum­lah mahasiswa KJMU penerima manfaat sebanyak 14.966 orang dengan bantuan yang diberikan sebesar Rp 9 juta per semester. Pada tahun 2023 ini mahasiswa KJMU kuliah tersebar di 110 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh wilayah Indonesia dan kuliah di 14 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jakarta yang memiliki nilai akreditasi Aatau unggul, baik institusi perguruan tinggi maupun program studi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.