Dark/Light Mode

Hasil Uji Coba Rute Transjakarta Ke Soetta

Pengguna Sepeda Motor Pindah Naik Transjakarta

Selasa, 25 Juli 2023 07:30 WIB
Sejumlah Bus Transjakarta mengantre untuk melayani penumpang di Bandara Soekarno Hatta (Soetta). (Foto: Ist)
Sejumlah Bus Transjakarta mengantre untuk melayani penumpang di Bandara Soekarno Hatta (Soetta). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Uji coba rute Transjakarta Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) selesai. Hasilnya, rute ini diklaim menurunkan pengguna kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono sudah mendapat laporan dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengenai hasil uji coba rute Kalideres-Soetta. Dipaparkannya, rute ini membantu mobilitas masyarakat ke Soetta.

“Untuk tarifnya, sedang dihi­tung secara profesional. Ya mung­kin di atas (Rp 3.500) sedikit,” kata Heru di Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (21/7).

Baca juga : Top! Teknisi Honda RI Juara Kompetisi Teknik Sepeda Motor Level Asia-Oceania

Uji coba rute Kalideres-Soetta dilakukan dua minggu lebih, sejak Rabu (5/7). Selama uji coba, rute ini tidak berbayar alias gratis.

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta Daud Joseph mengatakan, pihaknya diberikan waktu selama satu bulan oleh Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) untuk menentukan tarif rute Kalideres-Soetta.

Daud menyebut, ada tiga aspek yang dijadikan dasar penetapan tarif layanan untuk rute tersebut. Pertama, dari sisi kemampuan dan daya beli masyarakat yang menggunakan rute Kalideres-Soetta.

Baca juga : Daia Detergen Manjakan Konsumen dengan Program Daia Mudik Asik

Kedua, penilaian Pemprov DKI Jakarta sebagai pengambil kebi­jakan dan besaran subsidi yang dberikan kepada PT Transjakarta.

Dan ketiga, pandangan teman-teman pelaku bisnis yang seka­rang sudah lebih dulu memberi­kan layanan di rute tersebut.

Diungkapkan Daud, selama dua minggu uji coba, pihaknya sudah menjalankan tiga keten­tuan yang dikeluarkan Dishub DKI Jakarta dan BPTJ. Pertama, bus beroperasi pada pukul 06.00 sampai 09.00 WIBdan 18.00 sampai 21.00 WIB. Kedua, wak­tu antar bus atau headway rute ke Bandara Soetta selama uji coba adalah 20 menit. Ketiga, Transjakarta mewajibkan peng­guna layanan ini untuk mengisi survei yang disediakan.

Baca juga : Banjir Di Jakarta Berkurang, Sekda DKI: Pak Heru Banyak Bekerja

“Tujuan survei untuk menge­tahui dari mana mereka datang, bekerja dari daerah mana, ting­kat penghasilan penumpang berapa dan sebelumnya mereka menggunakan transportasi apa,” kata Joseph.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.