Dark/Light Mode

Hijaukan Kolong Tol Becakayu

Yuk Kita Tanam Pohon Untuk Meredam Polusi

Selasa, 22 Agustus 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri depan) saat melakukan penanaman pohon di kolong Tol Becakayu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (19/8). (Foto: Ist)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri depan) saat melakukan penanaman pohon di kolong Tol Becakayu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (19/8). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Kurangi Macet

Direktur Eksekutif Pusat Studi Perkotaan Nirwono Yoga mendukung langkah Pemprov DKI menggalakkan menanam pohon. Namun, dia meminta Pemprov DKI agar lebih fokus pada pembangunan RTH baru, terutama di titik pusat kemacetan lalu lintas, lokasi/jalan yang ramai dilalui kendaraan, serta kawasan industri.

“Fokuskan pada penanaman pohon-pohon besar penyerap gas polutan udara. Sehingga RTH dapat berfungsi optimal dalam menurunkan polusi udara secara signifikan,” kata Nirwono.

Baca juga : Ketum KNPI Putri Khairunnisa: Tanam Pohon, Bentuk Deklarasi Peduli Lingkungan

Dia juga mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk mengimbau masyarakat, perkantoran, seko­lah, mall untuk turut menanam pohon penyerap gas polutan di halamannya.

Nirwono menyebut, polusi udara di Jakarta 75 persen disebabkan dari sektor transportasi. Karena itu, layanan transportasi harus segera dibenahi agar peng­gunanya meningkat. Saat ini, pengguna transportasi publik baru 10 persen. Sisanya masih meng­gunakan kendaraan pribadi.

“Pemda DKI harus memper­cepat penyediaan transportasi publik yang terintegrasi dan ter­jangkau,” ujarnya.

Baca juga : Hijaukan Bojonegoro, Kiai Ganjar Adakan Tanam Massal 200 Pohon Bersama Warga

Dia juga meminta, Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat menyediakan/menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) yang memenuhi standar Euro 4. Lalu, membantu pemilik kendaraan untuk memperbaiki sistem pembakaran kendaraan sehingga asap yang dikeluarkan lebih bersih.

Kemudian, Pemprov DKI juga harus membangun lebih banyak trotoar dan jalur sepeda agar warga terbiasa jalan kaki dan bersepeda dalam beraktivitas harian.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 22/8/2023 dengan judul Hijaukan Kolong Tol Becakayu, Yuk Kita Tanam Pohon Untuk Meredam Polusi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.