Dark/Light Mode

Hijaukan Kolong Tol Becakayu

Yuk Kita Tanam Pohon Untuk Meredam Polusi

Selasa, 22 Agustus 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri depan) saat melakukan penanaman pohon di kolong Tol Becakayu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (19/8). (Foto: Ist)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri depan) saat melakukan penanaman pohon di kolong Tol Becakayu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (19/8). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu mengungkapkan, di kolong Tol Becakayu, sudah dilakukan penghijauan sepanjang 5,2 km.

“Dan kami akan terus melaku­kan penanaman pohon. Kami sudah menyumbang nilai positif untuk menurunkan suhu. Karena, sudah banyak pohon yang kita tanam di sini,” tegas Heru.

Baca juga : Ketum KNPI Putri Khairunnisa: Tanam Pohon, Bentuk Deklarasi Peduli Lingkungan

Selain menanam pohon untuk menyerap polusi, lanjut Heru, pihaknya menanam tanaman produktif seperti bayam, kang­kung, cabe dan sawi. Dengan penghijauan ini, setiap tiga meter di Kawasan Becakayu bisa menu­runkan suhu minimal dua derajat.

Sementara, Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar meminta, seluruh lapisan masyarakat untuk merawat tanaman di sepanjang kolong Tol Becakayu. Menurut Anwar, dalam melakukan perawatan tanaman, pihaknya sudah membagi be­berapa zonasi yang di dalamnya terdapat aparatur Pemerintah dan masyarakat sekitar yang bertugas melakukan perawatan.

Baca juga : Hijaukan Bojonegoro, Kiai Ganjar Adakan Tanam Massal 200 Pohon Bersama Warga

Anwar menegaskan, pihaknya akan terus melakukan penghi­jauan di sepanjang kolong tol ini, sesuai arahan arahan Pj Guber­nur DKI Jakarta. Selain kolong Tol Becakayu, pihaknya juga gencar melakukan penanaman pohon di setiap wilayah kecamatan dan kelurahan, termasuk di gang pemukiman warga dengan sistem hidroponik.

“Penanaman pohon akan terus digalakkan di seluruh wilayah Jakarta Timur, untuk mengatasi pemanasan global, termasuk po­lusi udara,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.