Dark/Light Mode

Festival Muhammadiyah Setiabudi Karet Diikuti Ribuan Warga Jakarta Dan Daerah

Rabu, 23 Agustus 2023 09:33 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang pelaksanaan Musyawarah Cabang (Musycab) Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Setiabudi Karet ke-13, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Setiabudi-Karet menggelar semarak Musycab dengan mengadakan Festival Muhammadiyah.

Dengan mengusung tema “Mengepakkan Sayap Dakwah Melintasi Zaman” kegiatan yang dimulai pada 12 Agustus 2023 dengan rangkaian perlombaan.

Mulai dari MTQ, tenis meja, catur, e-Sport, dalam hal ini Mobile Legend, fashion show TK ABA, memasak, hingga acara puncak dari pagelaran Festival Muhammadiyah pada 19-20 Agustus 2023.

Festival Muhammadiyah merupakan balutan dari Dakwah Lintas Zaman yang digagas Muhammadiyah Setiabudi Karet dengan menghadirkan banyak rangkaian kegiatan.

Di antaranya, jasa hapus tato, live music, stand up comedy, jalan sehat, hadroh, pentas seni, tari tradisional, dan rapper muda.

Baca juga : Kiai Muda Ganjar Ajarkan Warga Membuat Alat Dapur Dan Kebersihan Dari Bambu

Muhammadiyah Setiabudi-Karet juga menghadirkan tabligh akbar selama dua hari yang dihadiri dua ustadz fenomenal, yakni Ustadz Subki Al-Bughury dan Ustadz Daeng Syawal.

Hal tersebut sebagai bentuk upaya penanaman ideologi Islam sebagaimana cita-cita Muhammadiyah, yaitu terbentuknya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Muhammadiyah Setiabudi-Karet konsisten membawa dakwah pada semua generasi, berfokus kepada usia produktif menjadi salah satu alasan Muhammadiyah Setiabudi-Karet mendominasi panitia pelaksana dari kalangan pemuda.

Sebagai sarana pembentukan kader-kader penerus persyarikatan, Festival Muhammadiyah juga menghadirkan live music yang menghadirkan Tunas Muda sebuah grup musik indie diisi oleh pemuda-pemuda dengan syair-syair hangat kehidupan.

"Festival Muhammadiyah baru pertama kali dibuat di Indonesia dengan benar-benar memakai nama Festival Muhammadiyah (FestMuh). Segenap Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) di Cabang Setiabudi-Karet benar-benar mengkreasi sekreatif, inovatif, dan seberani mungkin untuk mewujudkan dakwah pada lintas zaman. Maka sudah waktunya kita (AMM) membuat yang muda membuat sejarah," ungkap Ketua Pelaksana Abdullah Muhammad Khomeini Malak, Rabu (23/8).

Baca juga : Pastikan Keamanan, Kereta Cepat Jakarta Bandung Jalani Sertifikasi Kemenhub

Ketua PCM Setiabudi-Karet Slamet Rujito menyampaikan, kegiatan FesMu mencakup pada aspek kehidupan masyarakat, seperti lomba-lomba olahraga, ekonomi (bazar), sosial, kesehatan, dan seni.

"Diharapkan dengan FestMuh, masyarakat dapat mengenal lebih dalam tentang Muhammadiyah khususnya gerakan dakwah Muhammadiyah. FestMuh juga dimaksudkan untuk menggembleng Angkatan Muda Muhammadiyah agar estafet kepemimpinan di Muhammadiyah Setiabudi dapat berlangsung dengan baik dan progresif," harap dia.

Acara Festival Muhammadiyah Setiabudi-Karet dipadati pengunjung hingga puncak acara, yakni agenda jalan sehat, Minggu (20/8) lalu.

Ada 1.700 peserta yang hadir, baik dari Jakarta hingga luar daerah. Arak-arakan marching band SMAN 25 Setiabudi Pamulang turut menghantarkan peserta jalan sehat mengitari rute yang ditentukan.

Tak lupa, untuk semakin menghadirkan Muhammadiyah di tengah-tengah masyarakat, para UMKM diberikan fasilitas berupa booth untuk menjual dagangannya.

Baca juga : Ketum Pemuda Muhammadiyah Yakin Ganjar Lanjutkan Program Jokowi

Ada pula tebus murah sembako, dan bagi-bagi hadiah maupun doorprize.

Ketua Steering Comitte Festival dan Musyawarah Muhammadiyah, Ustad Fitrah Abdul Gofur menyampaikan kegiatan ini merupakan tonggak sejarah percepatan pergerakan dalam regenerasi kader.

"Juga dakwah yang menyentuh semua lapisan masyarakat setiabudi, dari anak-anak mudanya sampai ke orang tua," ungkap Ustad Gofur.

Setelah rangkaian Festival Muhammadiyah Setiabudi-Karet selesai, seluruh komponen berfokus pada penyelenggaraan Agenda Inti yakni Musyawarah Cabang PCM dan PCA Setiabudi-Karet pada 27 Agustus 2023 mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.