Dark/Light Mode

DKI Patok 2 Minggu Terealisasi

Gedung Tinggi Didorong Pasang Water Mist BRIN

Senin, 4 September 2023 07:30 WIB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Asep Kuswanto. (Foto: Antara)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Asep Kuswanto. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Erni berharap, pengelola ge­dung-gedung tinggi di Jakarta, baik kantor pemerintahan, ru­mah sakit dan kantor swasta yang memiliki rooftop, bersedia memasang water mist. Terutama, gedung perkantoran di kawasan Sudirman dan Thamrin.

Erni memastikan, upaya me­nekan polusi tersebut akan di­evaluasi. Jika nanti efektif menu­runkan konsentrasi polutan, penyemprotan dengan metode water mist akan diteruskan.

Dia menerangkan, ada be­berapa kriteria yang harus diperhatikan dalam menerapkan teknologi water mist. Salah satunya, gedung harus memiliki ketinggian lebih dari 20 meter dan kurang dari 200 meter.

Baca juga : Kurangi Polusi Udara, PLN Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

“Kalau kurang dari 20 meter itu tidak efektif dalam menyerap polutan atau membuyarkan po­lutan yang mencemari lingkungan udara,” jelasnya.

Di Jakarta, papar Erni, terda­pat sekitar 1.300 gedung. Dari jumlah tersebut, 350 gedung di antaranya dapat menggunakan water mist.

Perekayasa Ahli Utama Riset BMKG Tri Handoko Seto menu­turkan, waktu terbaik untuk pe­nyemprotan dengan water mist saat polutan tinggi.

Baca juga : Adnan/Nita Langsung Tersingkir Dihajar Pasangan Terbaik Dunia

“Swasta lebih mudah melaku­kan pengadaan. Kami akan dorong mereka berpartisipasi menekan polusi,” kata Tri.

Dijelaskan Tri, ada dua jenis water mist generator. Pertama, water mist memiliki kapasi­tas output sangat besar, yaitu sekitar 200 liter per menit. Kedua, mist generator dengan output sekitar 10 liter per menit berupa butir air yang sangat halus menyerupai kabut tapi bertekanan cukup tinggi.

“Hasil uji coba menunjukkan bahwa mist generator efektif untuk menurunkan konsentrasi polutan,” ucapnya.

Baca juga : Puan Malam Mingguan Bareng Gibran Di Solo Paragon Mall

Tri menyoroti keunggulan water mist berkapasitas 10 liter. Dengan menghasilkan semburan air yang halus, menurutnya, air­bisa beterbangan dan mengikat polutan sehingga jatuh ke per­mukaan tanah. Selain itu, alat ini tidak boros air.

Dia bilang, banyak studi tentang precipitation scavenging menun­jukkan bahwa butir-butir air yang jatuh dari langit efektif untuk membersihkan polutan yang melayang di udara.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 4/9/2023 dengan judul DKI Patok 2 Minggu Terealisasi, Gedung Tinggi Didorong Pasang Water Mist BRIN

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.