Dark/Light Mode

Gempa Ambon, 1 Tewas Tertimbun Longsor di SD Negeri 1 Desa Nania

Kamis, 26 September 2019 11:18 WIB
2 unit Rumah Rusak Berat di Desa Toisapu Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon, akibat gempa, Kamis (26/9). (Foto: Humas BNPB)
2 unit Rumah Rusak Berat di Desa Toisapu Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon, akibat gempa, Kamis (26/9). (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa berkekuatan 6,8 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kota Ambon, Maluku, Kamis (26/9) pukul 06.46 WIB, menyebabkan satu orang tewas tertimbun longsor di SD Negeri 1 Desa Nania, Kecamatan Teluk Ambon. Identitas korban, masih belum diketahui.

Kejadian ini dibenarkan Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran Ambon, Edwin Pattikawan. Saat ini, petugas Pemadam Kebakaran tengah berupaya mengerahkan alat berat untuk mengevakuasi korban.

Baca juga : Gempa 2,8 SR Getarkan Deli Serdang

"Saya berkoordinasi dengan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy untuk mengerahkan peralatan berat untuk membantu evakuasi korban," ujar Edwin seperti dilansir Antara, Kamis (26/9).

Edwin memastikan pihaknya memprioritaskan evakuasi korban. "Kami harus mengerahkan peralatan berat. Mobil pemadam kebakaran disiagakan untuk mengevakuasi korban,"

Baca juga : Gandeng Jerman, Bappenas Tingkatkan Kompetensi SDM Lewat Program ISED

Sampai pukul 09.41 WIB pagi ini, Ambon diguncang tiga kali gempa bumi. Setelah gempa berkekuatan 6,8 SR pada pukul 06.46 WIB, dua gempa menyusul pada pukul 07.39 WIB dan 09.41 WIB. Masing-masing berkekuatan 5,6 dan 3,2 SR.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, gempa ini mengakibatkan rusaknya sejumlah bangunan. Satu jembatan retak, satu bangunan Universitas Pattimura rusak ringan, Kantor Ketahanan Pangan Provinsi Maluku rusak. Sejumlah rumah warga juga dilaporkan rusak.

Baca juga : Ancaman Rossi di Seri GP Italia

Meski BMKG telah mengumumkan gempa ini tak berpotensi tsunami, masyarakat berbondong-bondong mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Alhasil, lalu lintas pun macet karena banyak yang meninggalkan rumahnya dengan kendaraan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.