Dark/Light Mode

Generasi Z Bersatu Lawan Sampah Plastik Di Universitas Bakrie

Rabu, 20 September 2023 15:30 WIB
Para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie tergabung dalalm progma Marcomm Week 2023. (Foto : Ist)
Para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie tergabung dalalm progma Marcomm Week 2023. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie melalui Media Club (Meclub) menggelar acara Marcomm Week 2023 bertema "No More Plastic Pollution,".

Acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perubahan iklim dan masalah pencemaran plastik di lingkungan.

Ini merupakan upaya mahasiswa dan dosen Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie bersama Khatulistiwa Respon Tim  mengatasi ancaman serius dari sampah plastik terhadap lingkungan dan kehidupan manusia, melalui gerakan "No More Plastic Pollution: From Plastic to Fantastic."

Kegiatan ini melibatkan pembersihan sungai di Kanal Banjir Barat Jakarta pada 6 Agustus 2023, dengan rute dari Bantaran Stasiun BNI City hingga Bantaran Stasiun Karet.

Baca juga : OJK Pastikan Pelototi Perdagangan Karbon

Aksi ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga ekosistem alam tetapi juga sebagai salah satu langkah menuju pembangunan berkelanjutan (SDGs) dan memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) pada 10 Agustus 2023.

Menurut Ketua Panitia, Dennis Keisha,  tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya Generasi Z, agar berperan aktif dalam mengurangi produksi sampah plastik. "Menjaga kebersihan sungai dan mengurangi produksi sampah plastik merupakan bentuk sederhana kepedulian kita pada lingkungan sekitar," jelas Dennis.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, Suharyanti, menambahkan kegiatan ini merupakan aplikasi dari metode pembelajaran experiential learning yang diterapkan di Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie.

"Di kuliah Pemasaran Sosial kami mengajarkan mahasiswa untuk menyusun strategi komunikasi yang mengajak masyarakat menjaga lingkungan. Bersih-bersih sungai pada hari ini merupakan bentuk nyata strategi komunikasi yang diajarkan di kelas," kata Suharyanti.

Baca juga : Wapres Bertemu Gubernur Guangxi Zhuang Bahas Investasi

Sampah plastik yang terkumpul dari kegiatan tersebut akan disetorkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk pengolahan kembali, dan kegiatan edukasi ini akan terus berlanjut melalui media sosial, khususnya menyasar Generasi Z.

Puncak acara Marcomm Week 2023 berlangsung pada 16 September 2023 di Kampus Plaza Festival Universitas Bakrie.

Acara tersebut melibatkan beragam peserta, termasuk masyarakat umum, mahasiswa, dan pelajar SMA/K.

Marcom Week sendiri merupakan acara yang diselenggarakan oleh Media Club (Meclub) dengan fokus pada peminatan Marcom (Marketing Communication) dalam Ilmu Komunikasi.

Baca juga : Surveyor Indonesia Gelar Srikandi BUMN Goes To Campus di Universitas Halu Oleo

Acara ini terdiri dari Pre-Event yang mencakup perlombaan terkait peminatan Marcom dan Main Event berupa talkshow, workshop, hiburan, serta pengumuman lomba Pre-Event.

"Perubahan iklim adalah fenomena global yang memengaruhi seluruh dunia, dan salah satu penyebabnya adalah sampah plastik. Kegiatan ini adalah langkah kami sebagai mahasiswa Universitas Bakrie untuk mengajak pemuda peduli dengan lingkungan dan merespons masalah perubahan iklim," kata salah satu anggota panitia Marcomm Week.

Universitas Bakrie berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat, khususnya Generasi Z, untuk berperan aktif dalam melindungi lingkungan dan meraih masa depan yang lebih berkelanjutan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.