Dark/Light Mode

Surveyor Indonesia Gelar Srikandi BUMN Goes To Campus di Universitas Halu Oleo

Jumat, 15 September 2023 12:18 WIB
Surveyor Indonesia menggelar Srikandi BUMN Goes To Campus 2023, di kampus Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. (Foto: Dok. Surveyor Indonesia)
Surveyor Indonesia menggelar Srikandi BUMN Goes To Campus 2023, di kampus Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. (Foto: Dok. Surveyor Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Surveyor Indonesia, anak perusahaan ID Survey menjadi koordinator penyelenggara Srikandi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Goes To Campus 2023, yang kali ini hadir di kampus Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ini menghadirkan berbagai narasumber, antara lain Direktur Sumber Daya Manusia Surveyor Indonesia Lussy Ariani Seba, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli.

Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Sinung Triwulandari, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah.

Hadir pula Direktur Operasi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Reni Wulandari dan Vice President (VP) Corporate Communication and Corporate Social Responsibility Indonesia Power Aryati.

Menteri BUMN Erick Thohir, melalui pesan videonya mengatakan, visi dan misi yang ditugaskan kepada Srikandi BUMN adalah menciptakan lingkungan kerja yang inklusif.

"Melalui Srikandi BUMN, Kementerian BUMN ingin menciptakan lingkungan kerja yang inklusif bagi siapa saja, tanpa memandang gender atau latar belakang lainnya," ujar Erick, melalui siaran pers, Jumat (15/9).

Ia menargetkan, pada 2023 sebanyak 25 persen direksi BUMN berasal dari kaum perempuan. Untuk itu, berbagai program telah disiapkan, mulai dari penjaringan talenta hingga menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan aman bagi perempuan.

Baca juga : Indonesia Dan Belanda Sepakat Perangi Kejahatan Transnasional

"Kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus ini, menjadi kesempatan yang baik untuk dapat mengenal lebih dekat soal peran penting BUMN dalam menggerakan roda perekonomian bangsa, serta mengeksplore bagaimana kalian bisa berkontribusi bersama BUMN," katanya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Srikandi BUMN Tina T Kemala Intan menjelaskan, kegiatan ini sebagai bagian dari amplifikasi kemajuan BUMN dalam percepatan pembangunan berkelanjutan (SDGs), baik di dalam internal perusahaan dan peran sebagai agent of change di Masyarakat.

Tina menuturkan, agent of change ini dilakukan dengan meningkatkan peran kepemimpinan perempuan di dunia usaha dan pemberdayaan perempuan.

Sehingga, bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia maupun mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

Ia berterima kasih kepada Surveyor Indonesia, yang sudah menyelenggarakan kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus di Universitas Halu Oleo.

"Semoga, para mahasiswi dan mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini," kata Tina.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Surveyor Indonesia Lussy Ariani Seba menuturkan, bagaimana BUMN mendorong kesetaraan gender, serta kesempatan untuk setiap karyawan dari berbagai latar belakang untuk berkarya di BUMN. Terlebih, kesetaraan gender ini juga menjadi tujuan SDGs nomor 5.

Baca juga : Forum Akhlak Indonesia Sukses Gelar Erick Thohir Tennis Tournament

"Dalam rangka efektifitas pengelolaan dan pengembangan karyawan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan individu, diperlukan suatu sistem terpadu, terstruktur dan terintegrasi untuk memastikan business sustainability melalui Talent Management. Ini yang dilakukan di Surveyor Indonesia," ungkap Lussy.

Sesuai arahan Menteri BUMN, kata Lussy, dengan berbagai talent management tersebut, peran perempuan dalam meningkatkan bisnis Perseroan juga terus meningkat.

"Saat ini, Surveyor Indonesia juga tengah berupaya menciptakan lingkungan kerja yang saling menghargai, keberagaman, tidak ada diskriminasi dan kekerasan," ucap Lussy yang juga menjabat sebagai Anggota Bidang Kajian Perempuan di Srikandi BUMN.

Dengan bergai upaya tersebut, Lussy meyakini, peran BUMN dalam meningkatkan ekonomi nasional akan semakin meningkat.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli menambahkan, pemberdayaan masyarakat, pihaknya juga mengandalkan program Corporate Social Responsibility (CSR), yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sehingga, bisa membantu mengurangi kemiskinan, seperti yang menjadi salah sau tujuan SDGs," kata Rosmanidar.

Rektor Universitas Halu Oleo, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengapresiasi, kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus.

Baca juga : Peringati HUT RI Bareng Pekerja Migran

Menurutnya, perempuan- perempuan Indonesia sudah merambah di segala profesi mulai dari presiden, gubernur, bupati, rektor, sampai pemimpin partai dan lainnya.

Artinya, kata Zamrun, perempuan Indonesia itu sudah sangat hebat- hebat, seperti yang sudah di cita- citakan oleh Raden Ajeng (RA) Kartini sekarang sudah mulai terwujud yakni yang memperjuangkan emansipasi wanita.

"Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada srikandi BUMN yang sudah memilih kampus hijau itu menjadi salah satu tujuan sosialisasi, bagaimana agar peran-peran BUMN di Indonesia untuk mengawal pembangunan yang dicanangkan Pemerintah," ungkapnya.

Sejumlah BUMN lain yang hadir pada kesempatan ini, yaitu PT Pegadaian, PT Antam, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan Indonesia Power, yang memberikan sejumlah bantuan kepada universitas antara lain pelatihan Awareness Halal dan Awareness TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dari Surveyor Indonesia, Sustainability Acceleration Program: Mangrove Center of Excellence dari Antam, pelatihan awareness Dekarbonisasi dari BKI, serta doorprize menarik berupa tabungan emas, laptop, dan lainnya.

Selain itu, Telkomsel juga memberikan bantuan layanan dan solusi digital bagi kampus dalam bentuk peningkatan kualitas internet di empat titik lokasi UHO.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa makin mengenal peran BUMN dalam mendukung program Pemerintah dalam mencapai tujuan berkelanjutan dan mengajak universitas mengambil peran aktif di dalamnya, melalui pengetahuan, inovasi dan solusi untuk pembangunan berkelanjutan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.