Dark/Light Mode

20 Awak Redaksi Rakyat Merdeka Jajal Kereta Cepat Whoosh

Kopi Di Gelas Masih Panas, Eh, Sudah Nyampe Bandung

Minggu, 1 Oktober 2023 07:40 WIB
Warga berfoto dan mengambil gambar saat mencoba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) alis KCIC alias Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal (WHOOSH), secata gratis pada masa ujicoba, dari Stasiun Halim Jakarta menuju Stasiun Tegalluar, Bandung (30/9/2023).  (Foto: Tedy Octariawan kroen/RM)
Warga berfoto dan mengambil gambar saat mencoba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) alis KCIC alias Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal (WHOOSH), secata gratis pada masa ujicoba, dari Stasiun Halim Jakarta menuju Stasiun Tegalluar, Bandung (30/9/2023). (Foto: Tedy Octariawan kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senin (2/10/2023), Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan diresmikan Presiden Jokowi. Usai diresmikan, kereta yang diberi nama Whoosh itu, akan beroperasi secara komersial dengan rute Halim (Jakarta) menuju Tegalluar (Bandung). Seperti apa kesiapan Whoosh jelang hari peresmian? Dengan kecepatan mencapai 350 km/jam, benarkah perjalanan Jakarta-Bandung cuma seseruputan kopi lamanya?

Kemarin, redaksi Rakyat Merdeka yang berjumlah 20 orang, dapat kesempatan menjajal kereta anyar itu. Kereta berwarna silver dengan aksen merah ini, berangkat dari Halim tepat pukul 14.00 WIB.

Baca juga : KAI Kawal Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dua jam sebelum keberangkatan, para calon penumpang sudah terlihat berdatangan di Stasiun Halim. Ada yang naik kendaraan pribadi, ada juga yang menumpang kendaraan umum seperti LRT dan bus Transjakarta. Penumpang yang datang sekitar 600 orang.

Di stasiun, euforia naik kereta cepat begitu terasa. Beberapa calon penumpang terlihat langsung berfoto ria begitu tiba di lokasi. Ada beberapa tempat ikonik yang jadi favorit untuk berfoto. Dua di antaranya adalah prototipe kereta cepat yang berada di lantai dua, dan tentu saja moncong kereta cepat yang ada di lantai 3. Untuk berfoto di spot ini, penumpang harus antre, bergantian.

Baca juga : Cerita Erick Jajal Kereta Cepat: Berangkat Pagi, Eh Sampai Bandung Masih Pagi

Stasiun Halim sendiri terlihat masih bersolek. Beberapa pekerja terlihat merapikan dan mempercantik di bagian eksteriornya. Pembangunan pagar pun masih terlihat di beberapa titik. Meski begitu, fasilitasnya terbilang sudah cukup memadai. Tempat parkir yang luas sudah tersedia dan mudah diakses dilengkapi dengan papan informasi.

Suasana di dalam stasiun sudah jauh lebih lengkap, rapi, dan cantik. Suasananya mirip seperti bandara Terminal 3 Soekarno-Hatta. Ada tempat menunggu di lantai dua dengan bangku-bangku dan kursi berjejer rapi. Tak jauh dari sana, terdapat layar informasi yang menunjukkan jadwal keberangkatan. Fasilitas lain seperti toilet dan musholla dengan mudah ditemui. Terdapat juga fasilitas mesin x-ray untuk mendukung keselamatan dan keamanan penumpang dan kereta.

Baca juga : Ace: Kader Golkar Tahan Godaan Uang

Sayangnya, belum terlihat tenant makanan dan minuman yang membuka gerainya. Semua tenant masih dalam keadaan kosong. Namun, petugas memastikan, semua tenant akan buka seiring peresmian Whoosh pada Senin, 2 Oktober 2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.