Dark/Light Mode

Jangan Main Api, Relawan Sumbar Siap Amankan Pelantikan Jokowi-Ma`ruf

Senin, 30 September 2019 14:13 WIB
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2019-2024, Jokowi-Ma`ruf (Foto: Tedy Kroen/RM)
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2019-2024, Jokowi-Ma`ruf (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski perolehan suara Jokowi-KH Ma'ruf Amin hanya berkisar 13 persen lebih saat Pilpres lampau, namun relawan Jokowi-Ma'ruf Amin di Sumatera Barat memastikan, akan mengawal pelantikan Presiden dan Wapres 2019-2024 itu hingga 20 Oktober mendatang.

"Sudahi polarisasi pasca Pilpres. Setiap orang ada batas kesabaran. Jadi, kita fair saja. Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin sudah terpilih dan sah secara konstitusi, serta siap untuk dilantik," kata Presidium Rumker 01 Sumbar Muhammad Bayu Vesky, Minggu (29/9) malam.

Bayu Vesky menyebut, aksi demonstrasi atau menyampaikan pendapat merupakan langkah yang tepat, agar demokrasi terus terawat. Namun, akan menjadi celaka, jika beberapa kelompok yang melakukan demonstrasi soal RUU,  ditunggangi kepentingan inkonstitusional.

Baca juga : Bantu Warga Wamena Mengungsi, Kemenhub Siapkan Jalur Laut

"Jangan coba-coba. Pilpres sudah usai. Sudah tuntas. Zudah selesai. Pak Prabowo selaku mantan kompetitor pak Jokowi, juga sudah memperlihatkan sikap legowo. Jadi apalagi, coba? Heran saya," sebutnya.

Penggagas Kampung Jokowi dan Mushala Jokowi di Ranah Minang itu menyebut, relawan di Sumbar dari banyak organ dan sayap relawan, dipastikan tidak akan diam melihat adanya pihak-pihak yang merongrong stabilitas negara, jelang pelantikan Presiden dan Wapres 2019-2014.

"Kalau ada kelompok yang ingin mengacaukan pelantikan, bahkan lantang menyuarakan akan menggulingkan pemerintahan Jokowi, ini tidak bisa dibenarkan. Dan demi Merah Putih, demi Indonesia, perlu dilawan," tegas Bayu Vesky.

Baca juga : TNI Ancam Orang Yang Mau Gagalkan Pelantikan Presiden

Rencananya, relawan akan menggelar doa bersama jelang pelantikan Presiden dan Wapres terpilih. "Bisa jadi, kami akan bergabung dengan relawan lain di Tanah Air. Bisa juga dibuat di tiap-tiap daerah. Masih dibicarakan, dikomunikasikan," katanya.

Tokoh pemberdayaan yang juga pendiri Bank Tani Masril Koto, bahkan berkomentar lebih keras lagi. Aktivis nyentrik yang akrab disapa Maskot itu mengatakan, apa pun dalilnya, Pilpres sudah usai.

"Maka, jangan ada lagi yang menyulut pertikaian. Bahkan sampai ingin menurunkan pak Jokowi, seperti berita yang beredar belakangan. Ini harus dilawan. Sudah tidak benar dan tak masuk akal," kata Masril Koto.

Baca juga : Soal Kondisi Politik Saat Ini, Relawan Dukung Penuh Keputusan Jokowi

Sementara itu, Kiai Maman Imanulhaq, pimpinan Rumah Kerja (Rumker) 01 Jokowi-Ma'ruf  menyerukan kepada relawan dan komponen masyarakat,  agar mendoakan pelaksanaan pelantikan Jokowi-Mar'uf lancar sampai hari "H".

"Mari rajut tali ukhuwah, mari rajut persatuan dan kesatuan. Setiap persoalan itu bisa selesai dengan musyawarah mufakat. Rumker di Tanah Air, siap mengawal sampai pelantikan Pak Presiden dan Wapres nanti," kata Kiai Maman. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.