Dark/Light Mode

Diminati Walau Tak Semurah KRL

LRT Nyaman, Cepat Dan Nggak Berjubel

Sabtu, 14 Oktober 2023 07:30 WIB
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong Lintas Rel Terpadu (LRT) memasuki Stasiun Setia Budi, Jakarta, Minggu (1/10/2023). (Foto: Antara)
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong Lintas Rel Terpadu (LRT) memasuki Stasiun Setia Budi, Jakarta, Minggu (1/10/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Untuk menikmati LRT harus menggunakan uang elektronik seperti Flazz, Jakcard, Emoney, Brizzi, dan BNI Tapcash. Di loket pembelian tiket disediakan fasilitas top up. Namun, untuk Flazz masih belum tersedia fasilitas tersebut. Pembayaran top up hanya menerima uang cash. Selain menggunakan uang elek­tronik, bisa juga menggunakan dompet digital Link Aja.

Manager Public Relations LRT Jabodebek, Kuswardojo, menjelaskan, saat ini operator menerapkan tarif promo dengan rentang harga minimal Rp 3.000 hingga maksimal Rp 20.000 ini akan berlaku lebih lama, yaitu mulai tanggal 1 Oktober 2023 hingga 29 Februari 2024. Setelah itu, mulai tanggal 1 Maret 2024, LRT Jabodebek akan menerapkan tarif tiket normal.

“Setelah berakhirnya periode tarif promo ini, kami akan menerapkan tarif normal sesuai dengan PM67 tahun 2023, dengan harga Rp 5.000 untuk kilometer (km) pertama dan Rp 700 setiap km selanjutnya,” jelasnya.

Baca juga : Effendi Gazali: Ganjar Tak Pernah Rendahkan Profesi MC Dan Jurnalis

Selama periode tarif promo flat Rp 5.000 yang berlaku sejak peresmian LRT Jabodebek pada tanggal 28 Agustus lalu, kereta api tanpa masinis ini telah ber­hasil mengangkut sebanyak 1,5 juta penumpang. Hal ini menun­jukkan bahwa LRT Jabodebek telah mendapatkan sambutan yang sangat positif dan antusi­asme tinggi dari masyarakat di wilayah Jabodebek.

“Kehadiran LRT Jabodebek telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal transportasi di wilayah yang padat di sekitar Jabodebek,” kata Kuswardojo.

Untuk informasi tambahan, saat ini LRT Jabodebek mengoperasikan 16 rangkaian kereta (trainset) dengan total 234 per­jalanan setiap hari.

Baca juga : Ketemu PM China Li Qiang, Presiden Jokowi Serius Bahas KA Cepat Dan IKN

Stasiun Dukuh Atas menjadi stasiun yang paling ramai dengan jumlah penumpang LRT Jabodebek yang didominasi oleh para pekerja yang memanfaat­kan layanan ini.

Lima stasiun LRT Jabodebek dengan pengguna jasa terbanyak adalah Stasiun Dukuh Atas, Harjamukti, Bekasi Barat, Jati Mulya, dan Kuningan.

“Kami yakin bahwa bagi masyarakat yang menggunakan LRT Jabodebek setiap hari, mereka akan terus memilih LRT Jabodebek untuk bertransportasi dari Jati Mulya di Bekasi timur dan Harjamukti di Cibubur menuju Dukuh Atas ataupun sebaliknya, karena bebas dari kemacetan dan jauh lebih nya­man,” pungkasnya.

Baca juga : Waspada Penipuan, Semua Layanan PLN Terpusat Hanya Lewat PLN Mobile

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 14/10/2023 dengan judul Diminati Walau Tak Semurah KRL, LRT Nyaman, Cepat Dan Nggak Berjubel

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.