Dark/Light Mode

ICMI DKI Harap Pemerintah Proaktif Redam Konflik Israel-Palestina

Minggu, 15 Oktober 2023 15:17 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) prihatin dengan konflik antara Israel dengan Palestina yang kian memanas.

Sebab itu, ICMI meminta agar Pemerintah pro aktif meredam konflik Israel-Palestina.

Ketua Umum ICMI Prof Arif Satria mengatakan, sudah 75 tahun Israel menjajah Palestina.

Jutaan warga Palestina telah kehilangan nyawanya. Bukan hanya para pejuang, tapi warga sipil, wanita, dan anak-anak pun menjadi korban.

Baca juga : FRISIAN FLAG Berangkatkan Belasan Peternak Muda Indonesia ke Belanda

Prof Arif mengingatkan, Pemerintah Indonesia harus memegang amanat UUD 1945 dengan selalu berada di garda terdepan dalam menentang segala bentuk penjajahan di muka bumi.

"Berbagai saluran komunikasi harus ditempuh. Mulai dari komunikasi diplomatik, mengirimkan pasukan perdamaian, komunikasi massa, termasuk bantuan kemanusiaan," pinta Prof Arif, di Jakarta, Minggu (15/10/2023).

Sementara Ketua Organisasi Wilayah ICMI DKI Jakarta Ariza Patria mendukung Pemerintah segera mengirimkan bantuan ke Gaza.

Bantuan diharapkan bisa meringankan beban masyarakat Palestina.

Baca juga : HMI Jabodetabeka-Banten Minta Pemerintah Desak PBB Stop Perang Palestina-Israel

"Kami dari ICMI DKI, siap mendukung Pemerintah, termasuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, turut aktif dalam keterlibatan ini sebagai upaya penguatan kepada Pemerintah pusat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat DKI Jakarta, agar bantuan kepada Palestina dengan lancar dapat terwujud," tutur Riza.

Riza memastikan, hal ini bukan sekadar rekomendasi. Ia bersama Organisasi Daerah (Orda) ICMI se-DKI Jakarta bakal bergerak bersama masyarakat dan Pemerintah Provinsi agar mendapatkan solusi yang efektif dan efisien.

Ketua Orda ICMI Selatan Rhesa Yogaswara siap mendukung apa yang menjadi arahan Riza.

Struktur organisasi ICMI dari pusat hingga daerah bersama-sama bergerak, untuk memberikan bantuan untuk Palestina.

Baca juga : Ini 3 Pemain Israel Yang Main Di Liga Palestina

"Sebagaimana organisasi yang berlandaskan keindonesiaan, keislaman, kecendekiawanan, tentu mendukung arahan Ketua Orwil ICMI DKI Jakarta dalam melakukan komunikasi-komunikasi strategis dengan berbagai elemen masyarakat agar kerja Pemerintah pun dapat terbantu," tandas Rhesa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.