Dark/Light Mode

Kasus Covid-19 Di Jakarta Meningkat

Jangan Panik, Perkuat Imun Dan Hidup Sehat

Minggu, 10 Desember 2023 07:30 WIB
Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)
Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Selain itu, lanjutnya, fak­tor kuman karena kelembaban tinggi lebih mudah masuk ke tubuh manusia. Karena itu, dia mengimbau masyarakat menjaga imunitas dengan pola hidup sehat.

Apalagi bagi kelompok yang berpotensi mengalami keparahan atau meninggal jika terke­na Covid-19. Seperti lansia usia di atas 50 tahun, orang dengan komorbid: hipertensi, Diabetes Melitus, stroke, penyakit jantung, kanker, gagal ginjal kronik, autoimun, Tuberkulosis (TB), HIV dan kondisi imunode­fisiensi lainnya.

“Diharapkan dapat segera melengkapi vaksinasi 4 dosis,” tegasnya.

Baca juga : AHY: Raih Hati Dan Suara Rakyat

Diungkap Ngabila, sejak Covid-19 ditetapkan sebagai en­demi pada Juni 2023, tanggung jawab utama kesehatan ada pada diri masyarakat. Meski begitu, jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah memiliki peran melakukan pemantauan, analisis, evaluasi, mengimbau dan menyediakan.

Pemerintah mengimbau agar lebih rajin bermasker. Terutama jika sakit dan di keramaian. Kemu­dian, lebih rajin cuci tangan, leng­kapi vaksinasi segera sebanyak 4 dosis, jaga ventilasi udara in­door dan hindari asap rokok.

“Untuk deteksi dini, Pemerin­tah juga menyediakan pemerik­saan antigen dan PCRgratis di Puskesmas terdekat,” ucapnya.

Baca juga : Cek Di Sini, Lokasi Vaksinasi Covid Di Jakarta, KTP Non DKI Juga Bisa

Untuk yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19 dosis 1, 2, 3, 4 usia 18 tahun ke atas, Ngabila bilang bisa datang ke RSUD Tarakan pada Senin-Sabtu mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Layanan vaksinasi juga bisa didapatkan di Klinik Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (PPKP) Kantor Balaikota DKI Jakarta. Klinik ini buka Senin-Jumat, mulai pukul 13.00-16.00 WIB. Merk vaksin Inavac, vaksin dalam negeri, halal, kandungannya inactivated virus seperti merk Sinovac. Namun, vaksin ini belum bisa diberikan kepada wanita hamil dan menyusui.

“Mulai hari ini, 7 Desember 2023 dan seterusnya, mumpung vaksinnya masih ada dan gratis. Langsung datang saja ke lokasi tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. Bisa untuk KTP seluruh Indonesia,” serunya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.