Dark/Light Mode

Kasus Covid-19 Di Jakarta Meningkat

Jangan Panik, Perkuat Imun Dan Hidup Sehat

Minggu, 10 Desember 2023 07:30 WIB
Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)
Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Yang Bergejala, Segera Antigen

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, ada peningkatan kembali kasus Covid-19.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 6 Desember 2023, rata-rata kasus harian Covid-19 bertambah 35-40 kasus.

Baca juga : AHY: Raih Hati Dan Suara Rakyat

Sementara, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit ter­catat antara 60-131 orang. Dengan tingkat keterisian rumah sakit saat ini 0,06 persen dan angka kema­tian 0-3 kasus per hari.

Kenaikan kasus ini didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi Covid-19 di Eropa dan Amerika Serikat.

Selain varian XBB, Indonesia juga sudah mendeteksi adanya subvarian EG2 dan EG5. Meski ada kenaikan, kasus ini masih jauh lebih rendah dibandingkan saat pandemi yang mencapai 50.000 sampai 400.000 kasus per minggu.

Baca juga : Cek Di Sini, Lokasi Vaksinasi Covid Di Jakarta, KTP Non DKI Juga Bisa

“Yang sakit, sekarang mewa­jibkan diri sendiri pakai masker, cuci tangan pakai sabun, men­jaga imunitas dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, jaga jarak. Apalagi kalau sedang sakit, agar tidak menularkan,” kata Maxi, Kamis (7/12/2023).

Maxi juga mengingatkan, masyarakat perlu waspada apa­bila mengalami gejala penyakit yang mengarah pada Covid-19, yakni batuk, pilek, demam dan gangguan pernapasan, agar segera melakukan pemeriksaan antigen.

“Dengan naiknya ini, siapa yang punya gejala sebaiknya di­lakukan testing rapid antigen dan dilaporkan. Tentu dengan kesa­daran melakukan isolasi mandiri, kalau gejala ringan. Kalau berat, ke rumah sakit,” sarannya.

Baca juga : Covid-19 Naik Lagi, Warga Diimbau Terapkan Prokes Dan Jangan Panik

Selain disiplin prokes, dia juga mendorong masyarakat terutama kelompok rentan menyegerakan vaksinasi Covid-19 baik dosis lengkap maupun booster. Saat ini vaksinasi masih gratis untuk seluruh masyarakat.

“Tahun depan, hanya untuk kelompok rentan seperti lansia dan orang dengan penyakit penyerta serta immunocompro­mised (orang yang memiliki masalah dengan sistem imun),” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 10/12/2023 dengan judul Kasus Covid-19 Di Jakarta Meningkat, Jangan Panik, Perkuat Imun Dan Hidup Sehat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.