Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berdayakan Penghuni Rusun, Bank DKI Luncurkan Program Kebun Hidroponik

Selasa, 15 Oktober 2019 20:33 WIB
Kebun hidroponik yang diluncurkan Bank DKI, di Rusun KS Tubun dan Jatirawasari. (Foto: Dok. Bank DKI)
Kebun hidroponik yang diluncurkan Bank DKI, di Rusun KS Tubun dan Jatirawasari. (Foto: Dok. Bank DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat DKI Jakarta, Bank DKI meluncurkan program kebun hidroponik di Rusun KS Tubun dan Jatirawasari. Peluncuran kebun hidroponik tersebut diresmikan Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi, di Jakarta, Selasa (15/10). Acara disaksikan Dirut Bank DKI, Zainuddin Mappa; Kadin Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pemprov DKI Jakarta, Kelik Indriyanto; Kepala UPRS KS Tubun dan Jatirawasari, Sarjoko. Program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) Bank DKI bagi peningkatan kesejahteraan warga Jakarta dan lingkungan hidup.

Rustam Effendi memberikan apresiasi dan terima kasih ke Bank DKI yang peduli terhadap pemberdayaan masyarakat penghuni rusun melalui program CSR Kebon Hidroponik di rusun. “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih dengan apa yang telah dilakukan Bank DKI. Bagi saya, apa yang dilakukan untuk kepentingan masyarakat, patut kita dukung. Apa yang dilakukan Bank DKI sangat bermanfaat bagi warga rusun,” kata Rustam.

Baca juga : Romo Benny: Jangan Bikin Rusuh Jelang Pelantikan Presiden

Zainuddin Mappa mengatakan, kebon hidroponik yang didirikan di rusun diharapkan bisa menjadi kebon hidroponik percontohan. ”Sehingga dapat menjadi stimulus bagi warga penghuni rusun untuk menjadi pengusaha tanaman sayuran hidroponik,” ujarnya. 

Diharapkannya, dengan semakin banyaknya kebun hidroponik di rusun-rusun Jakarta maka akan lahir pengusaha hidroponik. Bahkan bila kebun hidroponik mereka berkembang, tidak menutup kemungkinan, Bank DKI akan membantu permodalannya.

Baca juga : Supaya Makin Moncer Urus Lingkungan, Darmin Cs Luncurin LH Fund

“Saya hitung-hitung dengan skala satu keluarga, bisa kita berikan permodalan. Nanti mereka tinggal bayar pengembalian pinjaman pokoknya dari hasil kebon yang mereka punya,” ujar Zainuddin Mappa. 

Tidak hanya itu, dengan semakin banyaknya warga yang menjadi pengusaha tanaman hidroponik, maka kebutuhan sayur mayur di DKI Jakarta bisa terpenuhi. Dampaknya, bisa terjadi pengendalian harga sayur mayur di Jakarta dengan pemanfaatan lahan kosong ini.

Baca juga : Kendalikan Penyaluran Biosolar, Pertamina Terapkan Kartu Kendali

Selain memfasilitasi kebun hidroponik, Bank DKI juga melakukan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan program kebun hidroponik kepada peserta dilingkungan Rusunawa. Program Corporate Social Responsibility (CSR) kebun hidroponik Bank DKI juga telah terlaksana di Rusunawa Jatinegara Kaum dan Jatirawasari. 

Di 2017, Bank DKI telah memulai program Kebun Hidroponik di Rusunawa Jatinegara Kaum, dan sampai dengan saat ini telah panen sebanyak 15 kali. Kedepannya Bank DKI berencana untuk membangun kebun hidroponik di 8 (delapan) Rusunawa di Wilayah DKI Jakarta secara bertahap. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.