Dark/Light Mode

Tekan Angka Kecelakaan Saat Nataru

Dishub Cek Kesehatan Supir Dan Kelaikan Bus

Senin, 18 Desember 2023 07:30 WIB
Bus sedang mengikuti uji kelaikan di fasilitas milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. (Foto: Dok. Dishub DKI Jakarta)
Bus sedang mengikuti uji kelaikan di fasilitas milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. (Foto: Dok. Dishub DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Kepala Unit Pengelola Trans­portasi Angkutan Jalan (UPTAJ) Dishub DKI Jakarta Syamsul Mirwan mengatakan, puncak arus mudik Nataru diprediksi terjadi pada 22 Desember 2023. Menurutnya, terminal bantuan dapat memecah kepadatan calon penumpang yang akan melaku­kan perjalanan saat Nataru.

Dijelaskan Syamsul, Posko Terpadu mulai disiagakan di ter­minal-terminal keberangkatan. Satgas Terpadu hasil kolaborasi Dishub Dinas Kesehatan, TNI/Polri dan BNN. Posko tersebut bakal melayani pemeriksaan kondisi kesehatan bagi pelaku perjalanan, termasuk awak bus AKAP. Bahkan, tes narkoba bagi awak bus.

“Selain itu, Posko Terpadu bakal terus memeriksa uji kelaikan bus untuk memastikan keamanan penumpang,”imbuhnya.

Baca juga : Menhub: Kapasitas Pelabuhan Ketapang Dan Gilimanuk Sudah Ditingkatkan

Tambah Jam Operasional

Untuk melayani masyarakat yang akan merayakan malam Tahun Baru 2024, Pemprov DKI Jakarta berencana menambah jam operasional MRT dan LRT Jakarta. “Layanan Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) Jakarta akan ditambah jam operasionalnya,” kata Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta Syaripudin.

Syaripudin mengungkapkan, penambahan jam operasional MRT dan LRT Jakarta dilakukan untuk mengakomodasi kegiatan masyarakat, sepanjang malam Tahun Baru. “Selama Nataru permintaan masyarakat Jakarta terhadap layanan transportasi publik kerap meningkat,” ungkapnya.

Baca juga : Menhub Bergerak Cepat, Blusukan Ke 2 Pelabuhan

Rinciannya, MRT Jakarta akan beroperasi mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 02.00 WIB. Kereta terakhir MRT Jakarta pada malam Tahun Baru dengan rute Stasiun Lebak Bulus-Stasiun Bundaran Hotel Indonesia, ada­lah pada pukul 01.14 WIB. Untuk arah sebaliknya, direncanakan pada pukul 01.31 WIB.

Untuk LRT Jakarta, pada malam Tahun Baru akan dimulai pada pukul 05.30-02.00 WIB. Untuk layanan bus Transjakarta beroperasi 24 jam.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 18/12/2023 dengan judul Tekan Angka Kecelakaan Saat Nataru, Dishub Cek Kesehatan Supir Dan Kelaikan Bus

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.