Dark/Light Mode

Jakarta Kota Termahal Di Indonesia

UMP Cuma Rp 4,9 Juta, Belum Sebulan Ludes...

Rabu, 20 Desember 2023 07:30 WIB
Deputi Bidang Statistik Distri­busi dan Jasa BPS Pudji Ismar­tini. (Foto: Dok. BPS)
Deputi Bidang Statistik Distri­busi dan Jasa BPS Pudji Ismar­tini. (Foto: Dok. BPS)

 Sebelumnya 
Tambah Subsidi

Hasil survei BPS ini juga jadi sorotan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Para politisi Kebon Sirih ini mendorong Pemerin­tah Provinsi (Pemprov) DKI menambah pemberian subsidi sebagai bentuk perlindungan bagi masyarakat bawah dari tingginya biaya hidup.

“Misalnya dengan KJP (Kartu Jakarta Pintar), lalu subsidi pangan, kemudian pengeluaran bagi pekerja juga bisa ter-cover pemerintah melalui Kartu Peker­ja Jakarta (KPJ),” kata Khoiru­din, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Baca juga : Herman Herry: Indonesia Tak Akan Jadi Emas Jika Nelayan Tak Sejahtera

Khoirudin menilai, UMP 2024 sebesar Rp 5.067.381 atau naik 3,6 persen masih belum mencu­kupi untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak di Jakarta. Dengan kebijakan penambahan subsidi untuk masyarakat yang membutuhkan dengan tepat sasaran, diharapkan da­pat meringankan beban hidup masyarakat.

Hal senada juga diungkap anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Suhud Alynudin. Dengan situasi tersebut, ia meminta Pemprov bekerja keras untuk menstabilkan harga komoditas pangan, dan tidak hanya saat momen tertentu saja.

“Pemerintah paling bertang­gung jawab terhadap kondisi ini. Harus ada terobosan untuk mengendalikan harga,” tandasnya.

Baca juga : Danone Indonesia Serahkan Bantuan Rp 630 Juta Melalui Kedubes Palestina

Sebelumnya, saat mengumumkan besaran UMP 2024, Penja­bat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan kebijakan untuk menjaga daya beli buruh atau pekerja sekaligus meningkatkan kesejahteraan pekerja dari sisi non-upah.

Kebijakan ini, lanjut Heru, diberikan kepada pekerja/buruh pemilik KPJ yang memenuhi kri­teria tertentu, yaitu memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta.

“Dengan Kartu Pekerja Ja­karta mereka mendapatkan ban­tuan subsidi transportasi gratis dan secara otomatis menda­patkan subsidi pangan,” kata Heru.

Baca juga : Kolaborasi Pariwisata, Indonesia Dan Rusia Semakin Mesra

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 20/12/2023 dengan judul Jakarta Kota Termahal Di Indonesia, UMP Cuma Rp 4,9 Juta, Belum Sebulan Ludes...

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.