Dark/Light Mode

Berbenah Jelang Libur Nataru 2024

Pulau Seribu Ngarep Kebanjiran Wisatawan

Kamis, 21 Desember 2023 07:30 WIB
Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan. (Foto: Facebook Kabupaten Kepulauan Seribu)
Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan. (Foto: Facebook Kabupaten Kepulauan Seribu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu berbenah menyambut musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Langkah ini diharapkan bisa mengerek minat wisatawan.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan mengatakan, se­bagai kawasan destinasi wisata, Kepulauan Seribu akan menjadi pilihan masyarakat mengisi libur Nataru. Untuk itu, pihaknya ber­sama Forum Komunikasi Pimpinan Kabupaten (Forkopimkab) berusaha untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman, sehingga menjadi daya tarik untuk wisatawan.

Fadjar bilang, masa libur Nataru bisa menjadi satu kesem­patan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayahnya untuk menjual produknya.

Baca juga : Jelang Libur Nataru, ASDP Terapkan Strategi Khusus

“Kami terus mendorong para pelaku UMKM untuk berkreasi agar pendapatan meningkat,” imbuhnya.

Pemkab Kepulauan Seribu juga telah membenahi sejumlah fasilitas untuk mempermudah akses wisatawan. Salah satunya, menyelesaikan pembangunan dermaga di Pulau Kelapa Dua dan Kelurahan Pulau Kelapa, Keca­matan Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Seksi (Kasie) Pembangunan Pelabuhan Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Kepu­lauan Seribu, Ahyus Wanto mengatakan, pengerjaan fisik pembangunan dermaga ini lebih cepat dari jadwal semula, yaitu 15 Desember 2023.

Baca juga : Jelang Libur Nataru, PLN Pastikan Suplai Listrik Jakarta Aman

“Pembangunan dimulai pada 22 September dan telah selesai pada 6 Desember. Dermaga ini sudah siap beroperasi, bah­kan kapal-kapal juga sudah bisa bersandar,” ujarnya, Rabu (13/12/2023).

Ahyus menjelaskan, pembangunan dermaga yang berada di sekitar Taman Nasional Kepu­lauan Seribu ini, menggunakan material Poly Ethylene dan Ex­pandable Polystirene (EPS). Poly Ethylene merupakan bahan material dengan kategori food-grade PE dan tidak berpolusi.

“Bahan material yang kita gunakan ini memiliki daya tahan terhadap benturan, anti ultravio­let, tahan lama dan tahan terhadap asam dan alkali, bahkan tahan terhadap cuaca,” kata Ahyus.

Baca juga : Menhub Bergerak Cepat, Blusukan Ke 2 Pelabuhan

Ahyus menambahkan, pera­watan dermaga ini merupa­kan bagian dari implementasi Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu dengan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. Dermaga ini sangat bermanfaat untuk mempermudah dan memperluas akses wisatawan ke taman wisa­ta sanctuary dan balai Taman Nasional Kepulauan Seribu.

“Dengan selesainya pembangunan, kami harapkan masyarakat dan petugas merawat dan menjaga dermaga ini agar tetap berfungsi dengan baik,” harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.