Dark/Light Mode

Berbenah Jelang Libur Nataru 2024

Pulau Seribu Ngarep Kebanjiran Wisatawan

Kamis, 21 Desember 2023 07:30 WIB
Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan. (Foto: Facebook Kabupaten Kepulauan Seribu)
Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan. (Foto: Facebook Kabupaten Kepulauan Seribu)

 Sebelumnya 
Lurah Pulau Kelapa, Mus­lim mengucapkan terima kasih kepada Sudin Perhubungan Kepulauan Seribu yang te­lah merevitalisasi dermaga di wilayahnya.

“Sebentar lagi memasuki musim liburan, dengan perbaikan sarana prasarana ini se­makin mempermudah warga dan pengunjung untuk berkunjung. Kapal-kapal tidak kesulitan un­tuk mencari tempat bersandar,” katanya.

Untuk kebersihan lingkungan, sekitar 1.000 warga Kelurahan Pulau Panggang gotong royong membersihkan lingkungan RW 04 dan RW 05 Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara pada Jumat (15/12/2023).

Baca juga : Jelang Libur Nataru, ASDP Terapkan Strategi Khusus

Lurah Pulau Panggang, Mu­hammad Fakih Burhanudin mengatakan, kegiatan ini meru­pakan tindak lanjut dari Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 100 Tahun 2023 tentang Lomba Gotong Royong Lingkungan Asri Kota Lestari. Warga yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain terdiri dari seluruh unsur masyarakat.

“Gotong royong ini dilaksana­kan dalam rangka silaturahmi terhadap masyarakat dan meningkatkan kebersihan serta kesehatan lingkungan. Kegiatan ini sebenarnya rutin kita laksanakan setiap Jumat,” kata Fakih.

Ia menambahkan, kegiatan seperti ini akan terus digencar­kan di wilayahnya setiap hari Jumat, karena Sabtu dan Minggu banyak wisatawan berkunjung.

Baca juga : Jelang Libur Nataru, PLN Pastikan Suplai Listrik Jakarta Aman

Fakih menjelaskan, gotong royong membersihkan lingkungan di seluruh area-area publik, seperti area dermaga, pantai dan gang-gang pemukiman warga.

Melalui kegiatan ini, Fakih berharap, masyarakat akan se­makin sadar untuk bergotong royong dan menjaga lingkungan sekitar.

“Sampah-sampah yang kami kumpulkan dikirim ke TPS (Tempat Penampungan Semen­tara), kemudian diangkut kapal Sudin LH (Lingkungan Hidup) Kepulauan Seribu,” terangnya.

Baca juga : Menhub Bergerak Cepat, Blusukan Ke 2 Pelabuhan

Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kepulauan Seribu, Endro Mukti Wibowo mengungkapkan, Pulau Pramuka merupakan kawasan pusat Kepulauan Seribu yang setiap akhir pekan ramai dikun­jungi wisatawan.

Oleh karena itu, lanjut Endro, rwarga bersemangat untuk melakukan gotong royong guna menjaga Pulau Pramuka sebagai tujuan wisata.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 21/12/2023 dengan judul Berbenah Jelang Libur Nataru 2024, Pulau Seribu Ngarep Kebanjiran Wisatawan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.