Dark/Light Mode

Hijaukan Jakarta Dan Jaga Ketahanan Pangan

Yuk, Tanami Lahan Kosong Dengan Cabe Dan Pepohonan

Minggu, 7 Januari 2024 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Ist)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta kompak menanam pohon dan tanaman produktif di kawasan perkotaan. Kegiatan itu dilakukan untuk membantu menjaga ketersediaan pangan dan harga yang stabil.

Teranyar, para petinggi pimpinan lembaga di Jakarta ini melakukan aksi menanam ratusan bibit tanaman di Jalan Walet Indah VI, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Pen­jaringan, Jakarta Utara, pada Jumat (5/1/2024).

Baca juga : Respons Imbauan BNPT Jaga Keamanan Nataru, PBNU Minta Ujaran Kebencian Disetop

Terdapat 100 pohon yang dita­nam, terdiri dari mangga, nang­ka, sukun, sawo dan belimbing. Selain itu, juga ditanam 2.000 bibit cabe rawit. Kegiatan ini dilakukan di lahan seluas 1.000 meter persegi. Kegiatan urban farming ini dilakukan serentak di seluruh wilayah kewenangan Kodam Jaya.

“Kita harus bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait urban farming. Dalam hal ini dikoordinir oleh seluruh wilayah Kodam Jaya. Apa yang kita lakukan ini bisa berguna bagi masyarakat,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam keterangan­nya, Sabtu (6/1/2024).

Baca juga : Gabungan Advokat Dan Sarjana Hukum Baki Gama 03 Dukung Ganjar-Mahfud

Heru menegaskan, kegiatan urban farming memiliki peran vital. Menurutnya, jika urban farming bisa diikuti seluruh warga Jakarta, kekhawatiran akan ketersediaan pasokan pang­an dapat diatasi, karena warga sudah memiliki bekal dalam urusan ketahanan pangan.

“Tahun 2024, semangat un­tuk menciptakan ekosistem ketahanan pangan bagi warga Jakarta perlu didorong. Bukan hanya untuk mengatasi urusan pangan dan inflasi daerah saja, juga menambah kawasan hijau bagi Jakarta,” ujarnya.

Baca juga : Airlangga Happy Dialog Dengan Petani Milenial

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohammad Hasan mengatakan, pihaknya akan terus menularkan semangat sinergi antarjajaran Forkopimda. Khususnya dalam upaya ketahanan pangan. Ha­rapannya, sinergi ini dapat ber­manfaat bagi masyarakat.

“Setiap Dandim (Koman­dan Distrik Militer) telah kami instruksikan untuk mengajak masyarakat di sekolah agar terus melakukan sosialisasi urban farming. Manfaatnya bisa dira­sakan oleh warga, serta kawasan hijau di Jakarta dan sekitarnya tetap asri,” kata Hasan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.