Dark/Light Mode

Hijaukan Jakarta, JIEP Jadi Tuan Rumah Gerakan Tanam Pohon Bersama Presiden Jokowi

Rabu, 29 November 2023 21:52 WIB
Presiden Jokowi saat mencanangkan program Gerakan Tanam Pohon Bersama, di Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Rabu (29/11/2023). (Foto: Dok. JIEP)
Presiden Jokowi saat mencanangkan program Gerakan Tanam Pohon Bersama, di Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Rabu (29/11/2023). (Foto: Dok. JIEP)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) mendapat sebuah kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Gerakan Tanam Pohon Bersama yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi perubahan iklim dan penanganan polusi udara di DKI Jakarta yang berlangsung di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi lintas Lembaga yang diinisiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta didukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Program ini sebagai langkah bersama untuk mengatasi perubahan iklim, pemanasan global, serta polusi yang sudah dirasakan secara nyata.

Jokowi melaksanakan penanaman pohon sebagai langkah bersama untuk mengatasi perubahan iklim, pemanasan global, serta polusi yang sudah dirasakan secara nyata.

Baca juga : Amran Dampingi Presiden Tanam Pohon Bersama Sebagai Menteri LHK Ad-Interim

Kegiatan bertajuk Gerakan Tanam Pohon Bersama tersebut dilaksanakan di Hutan Kota JIEP Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

“Ini adalah dalam rangka antisipasi perubahan iklim, mengantisipasi pemanasan global yang sudah kita rasakan bersama-sama dan nyata, juga dalam rangka mengatasi polusi yang ada di Jabodetabek,” ucap Jokowi dalam sambutannya setelah menanam pohon Pulai, Rabu (29/11/2023).

Jokowi mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan serentak di wilayah Jabodetabek tersebut dan diikuti oleh berbagai macam pihak dimulai dari pemerintah hingga perusahaan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kegiatan pada pagi hari ini; penanaman pohon, dan saya lihat juga pohonnya besar- besar, ada pohon pulai, trembesi, sawo kecik, bungur, saya kira semua jenis tanaman ditanam bersama- sama,” tuturnya.

Ia menuturkan bahwa pelaksanaan kegiatan penanaman pohon serentak tersebut juga didukung oleh musim hujan yang dinilai waktu yang tepat untuk penanaman pohon.

Baca juga : AMMI Apresiasi Perhatian Besar Presiden Jokowi Bagi Papua

“Gerakan ini karena memang dilakukan di musim hujan. Desember ke sana nanti kita akan lakukan terus menerus di seluruh provinsi tidak hanya di Jabodetabek. Di Jakarta ada 900 titik lebih yang kita lakukan,” sambung Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan apresiasi kepada perusahaan dan asosiasi pengusaha yang telah berpartisipasi dalam gerakan penanaman pohon tersebut.

Ia secara khusus berterima kasih kepada PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), yang merupakan pengelola kawasan Industri Pulogadung.

“Saya ucapkan terima kasih kepada banyak perusahaan, asosiasi, yang berpartisipasi. Ada PT JIEP, APHI, semua yang menggerakan,” kata Jokowi.

Sementara itu, Plh Direktur Utama PT JIEP Dharma Satriadi menyampaikan, dari total 744 pohon yang ditanam, JIEP turut menyumbang sekitar 200 pohon, yang terdiri dari 150 pohon ketapang kencana dan 50 pohon trembesi mas.Lokasi penanaman pohon juga disediakan seluas 1,5 hektare.

Baca juga : Unas Gelar FGD Arah Kebijakan Pembangunan Politik Bersama BK DPR

“JIEP support 200 pohon yang memang secara khusus kita kurasi sesuai dengan rencana pengembangan area hutan kota kita ini untuk menjadi epicentrum Ruang Terbuka Hijau baru di DKI Jakarta nantinya” ungkap Dharma.

Dharma menambahkan saat ini hutan kota PT JIEP memiliki luasan seluas 8,9 hektar yang nantinya setelah penanaman hari ini akan dilakukan program penanaman pohon secara menyeluruh.

"Penanaman ini nantinya akan difungsikan sebagai taman kota yang dilengkapi dengan fasilitas jogging track yang bisa dimanfaatkan oleh para karyawan di Kawasan Industri Pulogadung maupun Masyarakat sekitar," ujar Dharma.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.