Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunjungi Satkamling Di Kramat Senen

Kapolda Metro Jaya Beri Arahan Cegah Tawuran Dan Wujudkan Pemilu Damai

Selasa, 9 Januari 2024 22:28 WIB
Foto: Bidhumas Polda Metro Jaya
Foto: Bidhumas Polda Metro Jaya

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengunjungi Pos Satkamling RW. 04 Kramat Jl. Kramat Pulo Raya GG. 10 RT. 2 RW. 4 Kramat Senen Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2024) malam.

Kegiatan ini dihadiri Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Badya Wijaya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro, Dandim 0501/JP Letkol Inf Bangun I.E. Siregar, Camat Senen Rony Jatmiko dan perwakilan dari BNNK Jakarta Pusat AKBP Desi.

Irjen Karyoto dalam arahannya mengatakan, kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan Polda Metro Jaya dalam mencegah suatu tindakan melanggar hukum di lingkungan sekitar.

Peran orangtua sangat penting dalam memantau anak dalam melakukan hal negatif.

Baca juga : Gerbang Dorong Penyelesaian Kasus Kekerasan Demi Pemilu Damai

Orangtua harus bisa membatasi atau mencegah hal tersebut, alat kontrol yang paling gampang dalam memantau anak adalah handphone. 

Karyoto mengatakan, banyak korban meninggal akibat tawuran adalah remaja yang masih SMA, karena itu segala sesuatu yang berkaitan dengan anak merupakan tanggung jawab orangtua.

“Sebagai orangtua harus tau kebiasaan anak kita, sedang apa dimana dan dengan siapa dan saya sudah memerintahkan kepada Dirkrimsus untuk mencari orang atau kelompok yang suka menghasut anak-anak kita untuk melakukan tawuran,” katanya.

Selanjutnya, Karyoto memerintahkan para Bhabinkamtibmas untuk menghidupkan kembali poskamling di wilayahnya.

Baca juga : Kapolri Dan Kapolda Metro Jaya Pastikan Natal 2023 Aman Dan Kondusif

Sebab, poskamling merupakan suatu wadah untuk silaturahmi, saling kenal dan bertukar informasi sebagai cara untuk meredam suatu tindakan yang melanggar hukum.

“Di setiap pos kamling harus ada nomer telepon Kapolsek atau Bhabinkamtibmas untuk dihubungi oleh masyarakat, karena komunikasi merupakan cara paling efektif untuk meredam suatu tindakan melanggar hukum,” bebernya.

“Apabila semua masyarakat dapat bertindak menjadi polisi untuk dirinya sendiri maka akan tercipta situasi yang aman dan kondusif," sambung Karyoto.

Pada kegiatan ini, Karyoto juga memberikan bantuan 4 buah speaker kepada kelurahan Kramat Senen, Jakarta Pusat dan menerima 69 senjata tajam alat tawuran dari masyarakat setempat untuk diamankan pihak kepolisian.

Baca juga : Kapolda Metro Ancam Tangkap Firli

Kemudian, Karyoto berpesan terkait Pemilu 2024 agar saling menghargai dan menghormati pilihan satu sama lain karena Pemilu ini merupakan pesta demokrasi sehingga harus dilaksanakan dengan bahagia dan aman.

“Siapa pun yang menang harus kita hargai dan kita dukung demi kemajuan Indonesia kedepannya, Mari kita sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kita masing-masing,” tandas Karyoto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.