Dark/Light Mode

Kurangi Genangan Di Jalan Utama

Drainase Daerah Rawan Banjir Diperbanyak Dong

Sabtu, 13 Januari 2024 07:30 WIB
Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan sedang menyiagakan pompa apung saat Apel Kesiapsiagaan Banjir di Lapangan Waduk Rawa Minyak, Jalan Aup RT 04/10, Pasar Minggu, Pasar Minggu. Jumat (12/1/2024). (Foto: Ist)
Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan sedang menyiagakan pompa apung saat Apel Kesiapsiagaan Banjir di Lapangan Waduk Rawa Minyak, Jalan Aup RT 04/10, Pasar Minggu, Pasar Minggu. Jumat (12/1/2024). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Ika Agustin menuturkan, pihaknya sudah melakukan pengerukan lumpur di berbagai titik, khu­susnya di Kali Mampang hingga Krukut yang rutin dilakukan oleh petugas Suku Dinas SDA Jakarta Selatan.

Ika bilang, pihaknya juga beru­paya menambah kapasitas pompa agar semakin maksimal dalam mengurangi dampak musim hu­jan. Dua unit pompa yang sebelumnya hanya mampu menyedot air 500 liter/detik, kini ditambah hingga 1.000 liter/detik, serta terdapat satu unit pompa kapasi­tas 250 liter/detik, sehingga total kapasitas mampu menyedot air sebanyak 2.250 liter/detik.

Dengan adanya penambahan, Ika berharap, genangan berkurang.

Baca juga : Berat Badan Naik, Siap-siap Pemain Persija Bakal Didenda

“Asalkan curah hujan masih 100 milimeter dan di bawah empat jam, maka seluruh infra­struktur di DKI Jakarta masih siap. Itu infrastruktur drainase, kalau kali besar sampai dengan 150 milimeter,” ucapnya.

Dilansir dari jakarta.go.id, Layanan Jakarta Siaga 112 meru­pakan upaya Pemprov DKI Ja­karta untuk memberikan respon cepat terhadap situasi darurat, seperti bencana alam, kecelakaan dan krisis kesehatan masyarakat.

Melalui Peraturan Gubernur 188 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112, bertujuan untuk mengin­tegrasikan semua layanan tele­pon pengaduan dan pemberian informasi gawat darurat dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)/Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), instansi pemerintah dan instansi terkait lain­nya ke dalam sistem Layanan Jakarta Siaga 112.

Baca juga : Kunjungi Bali Utara, Gibran Janji Bakal Lakukan Pemerataan Pembangunan

Sistem tersebut mencakup layanan darurat, layanan penyelamatan dan tim manajemen bencana, serta pusat panggilan 24 jam untuk melaporkan situasi darurat. Tujuan Jakarta Siaga 112 adalah untuk meningkat­kan kecepatan dan efektivitas tanggap darurat di Jakarta serta menyelamatkan nyawa.

Layanan ini meliputi layanan medis darurat berupa ambulans, layanan penyelamatan seperti pemadam kebakaran dan tim SAR dan tim penanggulangan bencana. Tim ini dilengkapi dengan alat dan sumber daya yang diperlukan untuk menangani berbagai situasi darurat, termasuk bencana alam, ke­celakaan dan krisis kesehatan masyarakat.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 13/1/2024 dengan judul Kurangi Genangan Di Jalan Utama, Drainase Daerah Rawan Banjir Diperbanyak Dong   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.