Dark/Light Mode

Kenakan Pakaian Adat Saat Debat, Ganjar: Kami Siap Diperintah Rakyat

Sabtu, 23 Desember 2023 16:41 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD saat debat kedua yang digelar di Jakarta Convention Center JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam. Foto: Istimewa
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD saat debat kedua yang digelar di Jakarta Convention Center JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mencuri perhatian pada gelaran debat kedua yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam.

Sebab, keduanya mengenakan busana berbeda dari pasangan calon lain. Ganjar-Mahfud mengenakan busana adat. Ganjar mengenakan pakaian adat Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tak hanya tenunan, Ganjar juga mengenakan Ti'i Langga, penutup kepala berbentuk topi yang dibuat dari daun lontar.

Baca juga : Puji Penampilan Kakak Saat Debat Cawapres, Kaesang: Visi Misi Gibran Realistis

Sementara Mahfud mengenakan pakaian adat Madura. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengenakan baju garis-garis merah putih dan odheng atau ikat kepala khas madura berwarna merah.

Ganjar menegaskan, ada pesan kuat yang terkandung di dalam penggunaan pakaian adat dalam debat. Keduanya hendak menegaskan kedekatan dan perhatiannya kepada masyarakat. Terutama dari daerah terpencil.

Lebih dari itu, pakaian adat juga menjadi simbol bahwa keduanya merupakan bagian dari rakyat. Bahkan, merupakan anak buah rakyat.

Baca juga : Gibran Tampil Memukau Saat Debat, Prabowo Beri 2 Kali Pelukan Bangga

Hal tersebut sesuai dengan tagline yang selalu disampaikan Ganjar, 'Tuanku, ya Rakyat!' "Kami siap diperintah oleh rakyat," tegas Ganjar.

Sebelumnya, menurut Mahfud, baju adat yang dikenakan itu merupakan baju rakyat. Baju Pesa’an itu terdiri dari dua lapis.

"Ada lapisan priyayi dan ada lapisan rakyat," kata Mahfud di Posko Teuku Umar 9, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023) malam.

Baca juga : Prabowo-Gibran Tiba di Lokasi Debat dengan Wajah Semringah

Pakaian adat, kata dia, menunjukkan permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat Indonesia saat ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.