Dark/Light Mode

Dukung Kelancaran Pemilu, Ratusan Ribu Personel Disiagakan

Polisi, TNI Dan Nakes Kawal Pencoblosan

Kamis, 1 Februari 2024 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Dok. Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Dok. Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Kodam Jaya bekerja sama untuk mendukung kelancaran pelaksanaan setiap tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Mereka akan mengerahkan ratusan ribu personel petugas keamanan dan tenaga kesehatan (nakes) pada hari pencoblosan, untuk memastikan proses de­mokrasi ini berjalan lancar.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, sebagai wujud konkret dukungan tersebut, Pemprov DKI akan menyediakan berbagai fasilitas penyelenggaraan Pe­milu. Yakni, penyediaan gedung sekretariat bagi Komisi Pemili­han Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), kantor sekretariat Panitia Pemili­han Kecamatan (PPK) dan Pani­tia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan/kecamatan. Selain itu, gudang logistik, tempat reka­pitulasi suara, jaringan internet di 44 tempat rekapitulasi suara, dukungan tenaga pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan distribusi logistik.

Baca juga : Demi Pemilu Damai, Personel Polres Pelalawan Rela Tempuh Jalan Rusak Berlumpur

“Upaya optimalisasi penga­manan menjadi penting untuk memastikan bahwa setiap suara dihitung secara adil dan aku­rat. Serta, mencegah potensi kecurangan maupun gangguan lainnya yang dapat mengganggu kelancaran proses tahapan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah Jakarta,” ujar Heru saat menghadiri rapat koordinasi op­timalisasi kesiapan pengamanan pemungutan dan penghitungan suara dengan jajaran Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya di Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024).

Heru menekankan beberapa hal, seperti pentingnya sinergi antara aparat keamanan, dengan menempatkan personel keaman­an di titik-titik strategis guna meningkatkan kewaspadaan dan mencegah potensi gangguan atau ancaman lainnya.

Selain itu, melibatkan nakes pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara untuk mengantisipasi adanya petugas yang kelelahan.

Baca juga : Dinas Sosial Pastikan ODGJ Ikut Nyoblos

Heru mengimbau, koordinasi antara KPU, Bawaslu, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, serta instansi terkait lainnya, agar terus diperkuat. Sehingga, semua tahapan Pemilu dapat berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Dengan pertemuan ini, sema­kin mematangkan persiapan kita dalam mendeteksi dan mengantisipasi segala kemungkinan ancaman maupun tantangan selama proses pemungutan dan penghitungan suara. Bersama kita perkuat sinergi untuk me­nyukseskan Pemilu 2024 sebagai bentuk komitmen mewu­judkan Sukses Jakarta untuk Indonesia,” tandasnya.

Untuk menjaga dan mengan­tisipasi terjadinya gangguan keamanan, Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Mantap Brata selama Pemilu 2024.

Baca juga : Jelang Pemilu, BPH Migas Pastikan Stok BBM Dan LPG Aman

“Bersama-sama kita memper­siapkan hal ini dengan baik guna mencegah terjadinya potensi gangguan keamanan,” kata Ka­polda Metro Jaya Irjen Karyoto, Senin (29/1/2024).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.