Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat Nilai Skenario Relokasi Pasar Anyar Sudah Tepat

Jumat, 2 Februari 2024 15:47 WIB
Pertemuan mediasi dengan para pedagang, Paguyuban Pedagang Pasar Anyar serta Lawyer dari pihak paguyuban, di Aula Kecamatan Tangerang, Kamis (1/2/24). Foto: Istimewa
Pertemuan mediasi dengan para pedagang, Paguyuban Pedagang Pasar Anyar serta Lawyer dari pihak paguyuban, di Aula Kecamatan Tangerang, Kamis (1/2/24). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu upaya Pemerintah agar pasar tradisional mampu bersanding dengan pusat perbelanjaan dan pasar modern yaitu dengan melakukan revitalisasi pasar.

Seperti halnya Revitalisasi Pasar Anyar, yang tengah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

Pemkot Tangerang, telah menyiapkan dua relokasi bagi Pedagang Pasar Anyar, yaitu Plaza Shinta dan Mal Metropolis, termasuk juga alternatif lokasi di Pasar Mambo Utara dan Selatan meskipun lokasinya kurang luas.

Pengamat kebijakan publik dari Institute for Development of Policy and Local Partnership (IDP-LP), Riko Noviantoro, menilai, skenario relokasi Pasar Anyar yang diusulkan oleh Pemkot Tangerang sudah tepat.

Hal ini karena relokasi pedagang Pasar Anyar ke Plaza Shinta dan Mal Metropolis akan lebih tertib dan nyaman bagi masyarakat.

Baca juga : Pemkot Tangerang Dan Pedagang Temukan Kata Sepakat

Sementara Pasar Mambo, yang merupakan lokasi relokasi alternatif yang diinginkan oleh para pedagang, memiliki lahan yang lebih kecil dan aksesnya tentunya akan menimbulkan kemacetan dan kepadatan.

"Saya rasa opsi relokasi dari Pemkot ini sudah cukup tepat ya, karena bangunan yang luas, tentunya akan lebih nyaman dan aman. Sementara permintaan pedagang agar relokasi pedagang Pasar Anyar ke Pasar Mambo dapat dilakukan jika luasan tempat dapat menampung seluruh pedagang dan tidak berdesak-desakan," ujar Riko, dalam keterangannya Jumat (2/2/2024).

Riko, menambahkan, relokasi pedagang Pasar Anyar merupakan kebijakan yang tepat untuk menata pasar tradisional tersebut. Hal ini karena Pasar Anyar merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Kota Tangerang.

"Sebetulnya, relokasi pedagang Pasar Anyar ke Plaza Shinta akan lebih tertib dan nyaman bagi masyarakat. Hal ini karena Pasar Mambo memiliki lahan yang lebih kecil dan aksesnya tentunya akan menimbulkan kemacetan dan kepadatan," kata Riko.

Riko mengapresiasi Pj Wali Kota Tangerang, yang telah melakukan komunikasi yang baik dengan pedagang Pasar Anyar terkait relokasi ini.

Baca juga : Prabowo Tambah Semangat, Diberi Nilai 90 oleh Warga Semarang Jawa Tengah

Hal ini menunjukkan Pemkot memiliki komitmen untuk menyejahterakan masyarakat, tak terkecuali bagi para pedagang pasar tradisional.

"Upaya untuk merelokasi pedagang ke Pasar Mambo dan beberapa lokasi lainnya itu tentunya sudah dipikirkan dengan penuh kematangan dan tidak gegabah,” ucapnya.

Riko, berharap, proses relokasi pedagang Pasar Anyar dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan. Ia juga berharap agar para pedagang yang direlokasi dapat segera beradaptasi dengan kondisi barunya.

Dan tentunya, dapat sama-sama bekerja sama dalam mewujudkan suasana pasar yang semakin bersih, nyaman dan berdaya saing di masa depan.

"Saya rasa, para pedagang tentunya ingin dapat berjualan dengan tenang, dengan suasana pasar yang lebih nyaman, bersih," sebutnya.

Baca juga : Bamsoet Dorong Maskapai Beri Informasi Jelas Soal Koper Airwheel dalam Pesawat

Oleh karena itu, mereka juga perlu memahami berbagai upaya yang tengah dilakukan oleh Pemkot Tangerang. Opsi relokasi di Pasar Mambo, dengan jumlah 578 pedagang, rasanya tidak akan kondusif jika sepenuhnya direlokasi ke Pasar Mambo, yang lokasinya tidak cukup luas untuk menampung mereka.

Sebagai informasi, dalam rapat tertanggal 25 Januari 2024, di Aula Kecamatan Tangerang, di mana perwakilan pedagang dan paguyuban pedagang Pasar Anyar, menyampaikan, mereka meminta opsi relokasi di Pasar Mambo yang tidak jauh dari lokasi Pasar Anyar.

Opsi tersebut, oleh Pj Wali Kota, ditampung untuk kemudian dilakukan kajian dan tindak lanjut. Dengan mempertimbangkan kondisi yang ada di Pasar Mambo itu sendiri.

Jika tidak memungkinkan di Pasar Mambo, para pedagang dapat menempati lokasi relokasi yang telah dipersiapkan oleh Pemkot Tangerang yaitu di Plaza Shinta dan Mal Metropolis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.