Dark/Light Mode

Perbaiki Kualitas Udara

Kawasan Rendah Emisi Jakarta Ditambah Dong

Minggu, 4 Februari 2024 07:10 WIB
Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike. (Foto: Instagram/Yuke Yurike)
Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike. (Foto: Instagram/Yuke Yurike)

 Sebelumnya 
Yuke bilang, banyak hal yang dapat diperoleh masyarakat jika Pemerintah memperbanyak LEZ.

Selain dapat mengurangi po­tensi penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), LEZ bisa menjadi sarana interaksi sosial.

“Masyarakat bisa berjalan kaki, bersepeda dan berinteraksi di kawasan rendah emisi,” kata Yuke yang kembali menjadi caleg Dapil Jakarta Selatan 8 meliputi Tebet, Pancoran, Mam­pang Prapatan, Pasar Minggu dan Jagakarsa ini.

Baca juga : Puan Kunjungi Black Stone Garage Kebayoran Baru Jakarta

Sebagai daerah ingin menuju Kota Global, keberadaan LEZ menjadi hal yang penting. Un­tuk mengakselerasi rencana itu, jebolan Fakultas Teknik dari Universitas Indonesia (UI) ini menyarankan Pemprov DKI agar melibatkan stakeholder lain.

Mulai dari universitas, para pakar lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Ke­hutanan (KLHK), organisasi yang fokus pada lingkungan atau Non Government Organization (NGO) hingga masyarakat.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, pihaknya akan terus melakukan upaya penanganan dan pence­gahan polusi udara.

Baca juga : Heru Geber Program Jual Sembako Murah

Dinas LH DKI telah mem­fasilitasi riset yang dilakukan Populix dan Vital Strategies. Ri­set ini untuk mendukung upaya Pemprov DKI Jakarta mengura­ngi tingkat pencemaran udara di Ibu Kota dengan menerapkan uji emisi kendaraan sebagai salah satu langkah proaktif.

Riset ini, tegas Asep, untuk memastikan Pemprov DKI Ja­karta dapat membuat kebijakan berbasis bukti serta mendo­rong uji emisi yang lebih tepat sasaran. Selain itu, pihaknya juga terus melakukan langkah pencegahan serta kebijakan pendukung lain untuk mendorong tingkat pemenuhan baku mutu emisi kendaraan.

“Meskipun udara Jakarta ter­lihat baik-baik saja saat musim hujan ini, kita berharap langkah pencegahan bisa mengantisipasi memburuknya kualitas udara serta baku mutu udara agar tetap terjaga,” kata Asep, Kamis (1/2/2024).

Baca juga : PSI DKI Jakarta Minta Caleg Cek Lokasi APK

Karena itu, uji emisi menjadi fokus utama untuk menilai dan memastikan kendaraan yang beroperasi di wilayah perkotaan memenuhi standar emisi yang telah ditetapkan.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 4 Februari 2024 dengan judul Perbaiki Kualitas Udara, Kawasan Rendah Emisi Jakarta Ditambah Dong

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.