Dark/Light Mode

Selama 2023 CRM DKI Terima 173 Ribu Laporan

Pengaduan Terbanyak Keluhkan Jalan Rusak

Senin, 5 Februari 2024 07:00 WIB
Petugas Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan penambalan aspal di Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan, (Jumat 2/2/2024). Penambalan aspal berlubang tersebut dilakukan agar tidak membahayakan pengendara. (Foto: Istimewa)
Petugas Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan penambalan aspal di Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan, (Jumat 2/2/2024). Penambalan aspal berlubang tersebut dilakukan agar tidak membahayakan pengendara. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Satgas Bina Marga rutin mengawasi jalan di wilayah mulai jalan arteri dan jalan lokal di wilayah masing-masing. Jika menemukan jalan berlubang atau rusak, langsung melakukan perbaikan untuk pengamanan supaya tidak terjadi kecelakaan,” kata Heru, Jumat (2/2/2024).

Penanganan jalan berlubang, ungkap Heru, dilakukan dengan melakukan tambal cepat. Yakni, dengan penutupan lubang sementara menggunakan cold­mix dan patching.

“Setelah musim hujan selesai baru kita layer secara berkala pakai hotmix,” tegasnya.

Baca juga : Brentford Vs Manchester City, The Citizen Ogah Nyerah

Untuk diketahui, lewat sistem CRM, Pemprov DKI Jakarta menerima dan menindaklanjuti laporan dari warga Jakarta. Petu­gas dari Pemprov DKI melaku­kan tindak lanjut laporan dari 13 kanal pengaduan yang tersedia, baik online maupun offline, yang terintegrasi sistem CRM.

Adapun 13 kanal pengaduan itu, yakni JAKI, Twitter @DKI­Jakarta, Facebook Pemprov DKI Jakarta, E-mail dki@ja­karta.go.id, Media sosial pribadi Gubernur atau Wakil Gubernur, SMS/WhatsApp 08111272206, Gedung Balai Kota, Kantor Ins­pektorat, Kantor Wali Kota, Kan­tor Camat, Kantor Kelurahan, Aspirasi Publik Melalui Media Massa dan LAPOR! 1708.

Sepanjang 2023, CRM menerima 173.325 laporan. Dari laporan itu,170.112 atau 98,1 persen laporan dinyatakan sudah diselesaikan.

Baca juga : Erick: Bayar Dengan Peningkatan Kinerja

Dari ratusan ribu laporan tersebut, ada lima kategori laporan yang paling banyak diteri­ma oleh petugas CRM. Yakni, masalah jalan sebanyak 19.602 laporan, pohon sebanyak 15,139 laporan, parkir liar sebanyak 15.040 laporan, sampah sebanyak 11.663 laporan dan jaringan listrik sebanyak 11.663 laporan.

Bulan pertama tahun 2024, jalan juga menjadi masalah yang paling banyak dilaporkan warga. Sejak 1 Januari sampai 3 Februari 2024, CRM sudah menerima 1.802 laporan soal jalan dari 14.452 laporan.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 5 Februari 2024 dengan judul Selama 2023 CRM DKI Terima 173 Ribu Laporan, Pengaduan Terbanyak Keluhkan Jalan Rusak

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.