Dark/Light Mode

Zulhas Klaim Stok Pangan Aman Buat Puasa

Harga Beras Dan Daging Ayam Terpantau Stabil

Senin, 5 Februari 2024 06:35 WIB
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim stok seluruh pangan untuk bulan Ramadan dan Lebaran, aman. Berlimpah stok, diharapkan bisa menjaga stabilitas harga.

Kecukupan stok tersebut disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) saat peluncuran bu­ku berjudul, Capaian Kinerja Menteri Perdagangan 2023: Majukan Perdagangan Bersama Zulhas.

Sebelum bicara stok pangan untuk puasa, Mendag membeberkan keberhasilan Pemer intah dalam mengatas i fenomena kelangkaan minyak goreng dan kebutuhan bahan pokok.

Baca juga : Erfandi Syakroni: Hari-hari Ini Sungguh Memprihatinkan

“Di antara keberhasilan itu, dulu waktu masuk Kementerian Perdagangan problem pertama minyak goreng. Kami selesaikan dalam waktu satu bulan,” ujar Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Selain soal keberhasilan mengatasi minyak goreng, buku tersebut juga memuat perjuangan Pemerintah dalam mengenda­likan harga kebutuhan pokok pada masa perayaan Lebaran dan Natal dan Tahun Baru.

Mantan Wakil Ketua MPR ini juga mengungkapkan, buku tersebut memuat surplus neraca perdagangan Indonesia selama 44 bulan, tepatnya sejak Mei 2020.

Baca juga : Herman Khaeron: Sah-sah Saja Menteri Mendukung Capres

Hal tersebut selaras dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Desember 2023 surplus 3,31 miliar dolar AS atau surplus selama 44 bulan berturut-turut sejak Mei 2020. “Kemudian, kita juga memperluas akses pasar,” jelasnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga memastikan, stok seluruh bahan pangan mencukupi untuk ke­butuhan bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini. “Seluruh persediaan cukup, terutama be­ras,” jelasnya.

Zulhas mengakui, sempat terjadi gangguan pasokan beras di dalam negeri, belum lama ini. Namun masalah itu sudah berhasil diatasi, dengan telah masuknya impor beras dengan volume jumbo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.